Lihat ke Halaman Asli

Ini Dia "Ghost Writer" di Balik Testimoni Nazaruddin

Diperbarui: 26 Juni 2015   03:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saudara sebangsa dan setanah air,

Menarik sekali membaca analisis admin Kompasiana, Iskandar Zulkarnen, tentang testimoni Nazaruddin di Kompasiana. Testimoni tersebut dapat dilihat di sini.

Tim Kompasiana memang benar, dilihat dari IP Address, pembuat testimoni tsb berada di Indonesia.

Kami hendak mengajukan sebuah analisis sederhana. Yang kami analisis adalah isi dan gaya tulisan tsb. Silahkan para pembaca nanti menerka sendiri siapa "ghost writer" yang kami maksudkan.

Secara keseluruhan, testimoni tsb boleh dibilang ’sempurna’ dari segi penulisan, meskipun ada beberapa kata yang sepertinya sengaja dibikin keliru. Anehnya, dikatakan di paragraf awal testimoni tsb bahwa Nazaruddin tak pandai menulis. Disampaikan pula semalam dalam acara Jakarta Lawyers Club bahwa Bahasa Indonesia Nazaruddin buruk.

Dengan demikian, tidak diragukan lagi, testimoni tsb sesungguhnya dibuat oleh seorang penulis yang cukup handal, yang tentu punya kedekatan dengan Nazaruddin.

Lalu, siapa ghost writer tsb? Bagi kami, tidak terlalu sulit untuk mengetahuinya.

Pertama, dari segi gaya tulisan, mari kita perhatikan dengan secermat-cermatnya struktur kalimat yang dipakai, pemilihan diksi, kombinasi paragraf panjang-pendek, penggunaan tanda baca yang khas seperti titik dua, dan lain-lain.

Kedua, dari segi isi tulisan, mari kita perhatikan sebuah 'clue' (petunjuk) yang terdapat di testimoni tsb. Dengan clue itu kita bisa membuka kedok ghost writer di balik testimoni tsb.

Clue itu terdapat di alinea nomor 2 dari bawah. Bunyinya kami kutip lengkap:

Oleh sebab itu dalam waktu dekat saya akan membuka diri; termasuk melakukan live chatting dengan semua komunitas online, media alternatif di Indonesia, untuk menyampaikan apa yang sesungguhnya terjadi dari sudut pandang saya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline