Kalau saya bilang IndyCar ada yang tau tidak? Pasti jawabnya tidak tapi Kalau Formula 1, siapa disini yang tidak tahu tentang Formula 1? Kamu? Dia? Mereka? Saya rasa semua sudah mengenal tentang F1 walau cuma dasarnya aja. Setidaknya jika kita sebut nama Michael Schumacher atau Aryton Senna pasti kalian langsung bilang "oh sumaker yang di F1 itu. legend banget dia tuh" atau "oh senna yang meninggal karena tabrakan waktu balap F1 itu kan?" sudah pasti minimal itu yang akan kalian tahu tentang F1. Bahkan semua tampilan mobil balap yang menyerupai mobil F1 kalian akan bilang itu mobil F1 apapun bentuknya.
Tapi apakah kalian tau balap mobil roda terbuka (open wheel racing) atau balap Single Seater itu bukan hanya F1? Dan mungkin bisa dibilang ini adalah saingannya F1 dan hanya ada di benua Amerika khususnya di negara Amerika Serikat. Namanya adalah ajang balap IndyCar. Sejarahnya IndyCar bisa ditarik jauh sekali jauh hingga tahun 1902. Mari bersama sama kita belajar tentang IndyCar dengan kembali ke masa lalu dan melirik apa itu ajang IndyCar. Cekidot!
SEJARAH INDYCAR
Awal Mula Bernama AAA Tahun 1902 - 1955
IndyCar adalah ajang balap mobil roda terbuka tertinggi di negara Amerika. Kalau F1 ajang balap mobil roda terbuka yang paling akhir atau tertinggi di dunia, nah kalau IndyCar ini regionnya Amerikanya. Tapi sejarah mengatakan balapan Indycar pertama sudah di gelar dari tahun 1902 atau sekitar 20 tahun lebih dulu dibanding F1 dan gelaran pertama itu dibuat oleh IndyCar yang dahulu bernama AAA (American Automobile Assosiation). IndyCar berjalan 53 tahun dengan nama AAA itu hingga tahun 1955 setelah banyaknya kecelakaan fatal yang terjadi oleh serangkaian pembalap topnya membuat penyelenggara saat itu AAA membubarkan ajang balapnya. Dengan capaian menariknya adalah terbentuknya gelaran Indianapolis 500 (yang akan saya jelaskan di post yang mendatang, okey?)
Berganti ke USAC Tahun 1956 -1978
Lalu format gelaran IndyCar ini diteruskan oleh United States Auto Club dan berganti nama dari gelaran AAA menjadi USAC mulai tahun 1956. Sementara gelaran balap IndyCar yang saat itu bernama USAC meraih penambahan popularitas dan banyak pembalap-pembalap dan tim dari luar Amerika yang bergabung disini. Contohnya itu Bruce Mclaren dengan tim Mclarennya yang mulai bergabung ke USAC di tahun 70an awal. Ini juga menjadi awalan perubahan mobil yang pakai yang sebelumnya mobilnya bermesin depan, akhirnya mengadaptasi mobil fomula di eropa dengan penempatan mesin di belakang.
Ada sebab ada akibat. Karena USAC popularitasnya bertambah dan makin banyak tim tim besar eropa yang coba masuk ke USAC, membuat uang yang harus di keluarkan untuk mengikuti USAC semakin meningkat juga. Itu semua dikarenakan mereka yang bergabung adalah tim tim besar yang lambat laun menghabiskan banyak uang untuk mengembangkan mobilnya dibanding tim-tim yang sudah ada, ya resikonya tim-tim yang sudah ada harus berusaha menghabiskan banyak uang yang dimana sebenarnya mereka gapunya itu. Dan akhirnya karena naiknya kebutuhan uang yang dibutuhkan pada ajang ini dan kecewanya para tim terdahulu atau yang duluan sudah berada di USAC dari jamannya AAA, mereka pun membuat ajang balap tandingan.