Lihat ke Halaman Asli

Izham Giffari

Penulis pengetahuan pintar

Filipina: Pusat Tenaga Kerja Keperawatan Global

Diperbarui: 26 Juni 2023   16:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: seasia.com 

Siapa sangka bahwa Filipina adalah pemasok perawat terbesar di dunia, dengan seperempat dari total perawat luar negeri berasal dari negara tersebut. 

Bahkan di Amerika Serikat, hampir sepertiga dari semua perawat asing adalah orang Filipina. Bagaimana negara kepulauan Asia Tenggara ini mencapai prestasi ini? 

Sejarahnya dimulai pada tahun 1898, ketika Amerika Serikat membawa perbaikan dalam pendidikan, kesehatan masyarakat, dan infrastruktur ke Filipina melalui kebijakan asimilasi. 

Mereka dididik dalam praktik medis Amerika dan bahasa Inggris, mempersiapkan mereka untuk bekerja di rumah sakit Amerika. 

Pada tahun 1903, beberapa perawat Filipina dikirim ke Amerika Serikat untuk belajar melalui Undang-Undang Pensionado. Mereka menjadi perawat Filipina perintis di Amerika, dan beberapa dari mereka memutuskan untuk tinggal. 

Selama Perang Dunia II, permintaan perawat meningkat, tetapi setelah perang berakhir, banyak perawat Amerika meninggalkan profesinya. 

Pada 1960-an, kekurangan perawat kembali ke Amerika Serikat. Pemerintah AS mencari jawaban dari Filipina dan memberikan kesempatan bagi perawat Filipina untuk menjadi warga negara AS. 

Sumber: Seasia.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline