Lihat ke Halaman Asli

Karakteristik Media Baru

Diperbarui: 6 September 2022   05:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: https://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/06/11/hari-media-sosial-mari-bijak-dalam-bermedia-sosial/

Mengenal Media Baru

Media baru adalah jenis-jenis media yang sudah berkembang atau bisa di katakan sudah menggunakan teknologi digital, misalnya media sosial dan penggunaan internet. Media baru ini berbeda dengan media lama, media lama lebih ke tradisional yang dimana masih menggunakan media cetak, tidak hanya itu media lama bisa juga berupa berita yang ada di televisi. Denis McQuail 

Pernah menjelaskan bahwa media baru merupakan perangkat elektronik yang berbeda dengan penggunaan yang berbeda. Beberapa fungsi media baru, diantaranya ada :

  • Berfungsi menyajikan arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat dimana saja dan kapan saja, sehingga orang-orang mudah mencari sesuatu yang di butuhkan.
  • Sebagai media transaksi jual beli.
  • Sebagai media hiburan, seperti game online, media sosial, dan streaming video.
  • Sebagai media komunikasi yang efisien
  • Sebagai sarana Pendidikan, seperti e-book

Media baru juga mempunyai ciri-ciri yang merupakan suatau media yang dapat di akses dimana saja dan kapan saja atau tidak tergantung lokasi, menggunakan teknologi berbasis internet, bersifat pribadi dan memiliki fungsi public.

            Denis Mc Quail telah mengidentifikasi media baru berdasarkan jenis, penggunaan, konteks, dan kategori, di antaranya :

  • Media komunikasi antar pribadi misalnya telfon genggam dan email.
  • Media permainan yang merupakan aplikasi game
  • Media pencarian yang merupakan mesin pencari atau sumber data tempat orang-orang mencari informasi.
  • Media partisipasi kolektif yang merupakan situs jejaring sosial.
  • Subtitusi media penyiaran yang merupakan media tempat pengunduhan seperti konten, film, dan lagu.

Sumber: https://blog.jejualan.com/media-online/

Karakteristik Media Baru

Karakteristik media baru merupakan sebuah jaringan (Network). Karakteristik pada media baru ada 6 antara lain digital, interaktif, hypertextual, virtual, jaringan, dan simulasi, berikut 6 karakteristik pada media baru:

  • Digital: seluruh data di buat dalam bentuk angka, sehingga lebih mudah digunakan dan juga data digital juga lebih mudah dan cepet di akses.
  • Interaktif: karakteristik new media ini lebih mudah di kendalikan, hemat waktu, terdapat komunikasi yang terjadi 2 arah, dan dapat mengatur informasi secara kreatif.
  • Hypertextual: potongan kata Ketika di akses dapat langsung menuju pada halaman situs lainnya, atau bisa dikatakan teksnya saling terhubung.
  • Virtual: karakteristik media baru ini dapat membuat 2 orang berhadapan dalam bentuk virtual.
  • Jaringan: Jaringan dapat di artikan sebagai arus perpindahan data lewat jaringan internet, yang memudahkan penggunanya dalam mengirim ataupun menerima data.
  • Simulasi: bisa dikatan sebuah tiruan dari peristiwa yang nyata, namun dalam bentuk efek tertentu agar lebih dramatis. 

Sumber: kumparan.com

Karakteristik media baru bisa di sebut juga komunikasi secara dua arah, tidak dapat dikontrol, demokratis, dapat menimbulkan kesadaran individu, dan tidak terpusat. Mengacu pada pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa suatu media baru, merupakan suatu akses yang dirasa mampu memberikan kemudahan kepada setiap individu bebas untuk mengeluarkan setiap aspirasi yang mereka miliki guna menimbulkan kesadaran individu lainnya dan tidak terikat oleh pihak-pihak manapun.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline