Lihat ke Halaman Asli

Edukasi dan Pelatihan "GEMARIKAN" dengan Diversifikasi Produk Olahan Ikan Lele Menjadi Kimbab

Diperbarui: 12 Agustus 2023   16:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Foto Pribadi

Nguter, Sukoharjo (07/08/2023) -- Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 melaksanakan program kerja monodisiplin GEMARIKAN (Gerakan Gemar Makan Ikan) bersama ibu-ibu posyandu balita dan lansia. Kegiatan ini dilaksanakan di balai dukuh sebagai Pokja II Posyandu di Kedungwinong RT 1 RW 06, pada hari Senin, 07 Agustus 2023. 

Inovasi makanan tambahan menggunakan ikan lele untuk menunjang konsep 4 bintang (karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur/buah). Pemberian makanan tambahan harus diperhatikan karena penting dalam menunjang tumbuh dan berkembangnya anak serta untuk menekan angka stunting. Salah satunya dengan diversifikasi produk kimbab ikan lele yang dapat memenuhi konsep 4 bintang.

Sumber: Foto Pribadi

Pelaksanaan program kerja di Posyandu dihadiri sebanyak 32 peserta. Metode yang digunakan berupa pemaparan materi tentang GEMARIKAN dengan menggunakan poster kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan kimbab. Kegiatan ini ditujukan untuk mengajak masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan agar dapat mencegah stunting dan gizi buruk.

Selain menyampaikan informasi, mahasiswa KKN juga memberikan makanan tambahan berupa olahan kimbab ikan lele untuk peserta posyandu sebagai makanan tambahan yang bergizi. Antusiasme dari para peserta posyandu diharapkan dapat meneruskan program kerja GEMARIKAN dengan inovasi olahan ikan lebih variatif. Selain itu, diharapkan kegiatan ini dapat berdampak positif dalam upaya pencegahan stunting dan meniminalisir gizi buruk dengan konsumsi ikan.

Penulis: Gibran Ryan Dewantara -- Akuakultur -- Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Lokasi: Desa Kedungwinong -- Kecamatan Nguter -- Kabupaten Sukoharjo

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline