Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNNES GIAT 9 Berupaya Menjaga Budaya dengan Sosialisasi Pembuatan Blog sebagai Arsip kepada Muda-Mudi

Diperbarui: 18 Juli 2024   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi UNNES GIAT 9 Desa Demakijo

Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan pesat menjadikan dokumentasi dan arsip kegiatan sosial dan budaya sangat diperlukan. salah satu cara yang dapat digunakan di era digital ini adalah dengan membuat blog sebagai sebuah arsip kegiatan. sadar akan pentingnya arsip ini, Nina Martian Ningsih, salah satu mahasiswi UNNES GIAT 9 Desa Demakijo mengadakan pelatihan pembuatan blog sebagai arsip kegiatan sosial dan budaya secara digital pada Sabtu, 13 Juli 2024.

Budaya dan kegiatan sosial merupakan suatu aktivitas penting yang terus berjalan dan beriringan bersama dengan kehidupan masyarakat. Maka dari itu, peran dokumentasi dan asip menjadi sangat penting untuk mengabadikan kegiatan kebudayaan sehingga peristiwa-peristiwa sosial dan budaya tidak akan terlupakan termakan jaman. 

Dalam sosialisasinya, Nina, menyampaikan bahwa dokumentasi dan arsip tersebut bisa diabadikan dan menjadi arsip dalam sebuah blog karena dapat mencakup berbagai kegiatan dalam bentuk narasi, foto, video, dan dokumentasi lainnya secara detail. 

Nina memaparkan materinya di salah satu rumah warga di Desa Demakijo yang kebetulan menjadi tempat pertemuan rutin muda-mudi RT 13 Desa Demakijo. Selain untuk memperkenalkan blog sebagai arsip budaya, tujuan lain Nina megadakan sosialisasi tersebut adalah untuk meningkatkan keterampilan muda-mudi dalam membuat dan mengolah blog yang akan digunakan sebagai arsip. Nina juga memiliki tujuan untuk membangun kesadaran muda-mudi akan pentingnya arsip budaya untuk melestarikan budaya khususnya di Desa Demakijo. 

Acara berlangsung sangat kondusif sebab muda-mudi memperhatikan dengan baik bagaimana Nina menyampaikan materi dan pelatihan pembuatan blog.  Sebagai hadiah untuk muda-mudi RT 13, Nina memberikan sebuah blog yang telah mereka buat bersama-sama. 

"Saya berharap dengan adanya blog ini muda-mudi dapat lebih aktif dalam membagikan aktivitas yang ada di Desa. Sehingga kegiatan budaya yang ada di desa ini memiliki arsip yang dapat dilihat kapan saja" ujar Nina setelah acara selesai. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline