Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya BLK Komunitas sebagai Inkubator Wirausaha: Fakultas Dakwah Gelar FGD Pendampingan Penguatan Kelembagaan dan Pendaftaran SIPENSI

Diperbarui: 19 Juli 2024   18:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi

Serang, Kompas - Hotel Aston Serang menjadi saksi pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Pendampingan Penguatan Kelembagaan dan Pendaftaran Sipensi bagi Balai Latihan Kerja Komunitas Menjadi Inkubator Wirausaha Wilayah 1 Tahun 2024" selama tiga hari, mulai 17 hingga 19 Juli 2024. Acara ini merupakan inisiatif bersama antara Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja Bandung Barat Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

Dokumentasi Pribadi

Sebanyak 36 Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) dari sembilan provinsi, termasuk Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur, berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dekan Fakultas Dakwah, Dr. H. Endad Musaddad, M.A, menekankan pentingnya penguatan peran BLKK. "BLK Komunitas harus berperan sebagai inkubator wirausaha yang tidak hanya melatih masyarakat tetapi juga mendorong mereka menjadi wirausahawan," ujarnya dalam sambutannya.

Dokumentasi Pribadi

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Prof. Dr. KH. Wawan Wahyuddin, M.Pd, dalam pidatonya, menggarisbawahi pentingnya empat pilar bagi BLK Komunitas: Shidiq, peningkatan pengetahuan, kesehatan, dan kerja keras. "Shidiq berarti menjaga dan meningkatkan kualitas keimanan dan integritas kelembagaan BLKK. Pengetahuan harus terus ditingkatkan melalui pendidikan yang berkelanjutan. Kesehatan fisik dan mental adalah kunci untuk mendukung kerja keras dalam mencapai tujuan," jelasnya.

Dokumentasi Pribadi

Widi Wijanarko, S.E.I. sebagai perwakilan dari Balai Besar Perluasan Kesempatan Kerja yang hadir dalam kegiatan pendampingan, mengucapkan terima kasih atas semangat BLKK untuk terus naik kelas, salah satunya menjadi inkubator wirausaha. "Harapannya setelah kegiatan ini, BLKK mampu menjalin kerjasama yang lebih luas dengan kementerian lainnya, OPD setempat, dan juga Perusahaan BUMN maupun swasta," ungkapnya.

Dokumentasi Pribadi

Selain itu, Fakultas Dakwah juga menjalin kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Banten untuk pendaftaran akun Sipensi, berharap BLKK memperoleh legalitas sebagai inkubator wirausaha. Dr. Masykur, M.Hum selaku ketua dalam kegiatan pendampingan ini mengungkapkkan "Legalitas ini akan memperkuat peran BLKK dalam mendukung wirausaha masyarakat secara optimal," ujarnya.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline