Lihat ke Halaman Asli

Gianina Putri

Mahasiswa

Kami Bangga Menjadi Guru Profesional, Guru Idola Yang Dinantikan Siswa

Diperbarui: 3 Januari 2024   20:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber : dokumen pribadi

 Kami adalah calon seorang guru profesional yang mempunyai mimpi  besar yang sedang menempuh Pendidikan Profesi Guru ( PPG )  Pra Jabatan gelombang 2 di Universitas Muhammadiyah Malang. Yang nantinya dapat memberikan pengajaran terbaik untuk peserta didik dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi peserta didik. Serta menjadi guru yang mau terus belajar sepanjang hayat untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Kami memilih menjadi guru karena dilatarbelakangi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah kemauan dari diri kami karena sejak kecil selalu kagum dengan profesi guru. kami juga berpikir bahwa menjadi seorang guru tidak hanya mendapatkan keuntungan di dunia, namun juga mendapatkan keuntungan bekal diakhirat. kami senang ketika kami mengajarkan materi atau menyampaikan suatu hal  dan orang lain mampu memahami apa yang kami sampaikan. kami ingin menjadi salah satu bagian dari suksesnya pendidikan Indonesia, sebagai tokoh yang dapat diingat dan berperan dalam setiap perkembangan peserta didik. Faktor eksternal adalah dukungan dari kedua orang tua yang sangat setuju jika kami menjadi seorang pendidik. Faktor ini juga membuat kami bersemangat dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita sebagai seorang guru yang profesional.

Terlebih dahulu Pendidikan harus dirancang sesuai dengan karakteristik, kebutuhan serta potensi yang dimiliki masing-masing peserta didik. Sebagai calon pendidik atau pendidik kita wajib memiliki kemampuan yang baik dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, sehingga dapat melibatkan peserta didik terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satunya dengan memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya. Memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memahami pelajaran sesuai dengan caranya, guru juga memberi kebebasan bagi peserta didik untuk mengembangkan dan membangun sendiri pengetahuannya, namun tetap sesuai dengan tujuan pembelajaran.

sumber : dokumen pribadi

Untuk menjadi guru yang berpihak pada peserta didik hal pertama yang harus kami lakukan adalah menjadi guru yang profesional. Guru profesional yang kami maksud dalam hal ini adalah sudah menguasai terkait proses bimbingan atau pengajaran yang baik untuk peserta didik dan memahami segala aspek peserta didik meliputi kerakteristik yang beragam. Hal-hal yang harus dikuasai guru yang nantinya juga akan kami terapkan dalam menjadi guru yang berpihak pada peserta didik yaitu menyusun modul ajar dengan tepat, menguasai pengelolaan kelas yang baik dan efisien, menentukan model dan metode pembelajaran apa yang cocok untuk diterapkan dikelas dan sesuai kebutuhan peserta didik.

Disusun oleh kelompok 2 :

Gianina Febrian Anggrelia Putri, Prehatini, Anisa'an Naafi'u, Mohamad Ilyas




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline