Lihat ke Halaman Asli

Ghiyats ms

Mahasiswa SV IPB

Budaya yang Terletak di Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Sagaranten

Diperbarui: 16 Maret 2023   09:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sukabumi, 07 Maret 2023, Kecamatan Sagaranten terletak di tengah-tengah Kabupaten Sukabumi. Jaraknnya sekitar 50 km dari kota Sukabumi. Letaknya cukup strategis karena dilewati jalur provinsi Sukabumi-Tegalbuleud dan berada di persimpangan jalur menuju Cianjur Selatan. Asal nama Sagaranten diambil dari Sagara Inten. Di wilaya ini, banyak ditemukan batu koneng yang bagus dan terkenal hingga diekspor ke luar negeri. Namun, cadangan batu koneng kini sudah habis dan para penggali sekitar sana pun telah beralih profesi.

Budaya Kecamatan Sagaranten terdapat di dua desa yang berada di Kecamatan Sagaranten diantaranya:

  • Desa Pasanggrahan
  • Desa Cibaregbeg

Desa Pasanggrahan

Sebuah desa yang berada di Kecamatan Sagaranten memiliki budaya ketika dalam rangka menyambut hari ulang tahun desa Pasanggarahan. Pemerintah desa Pasanggrahan melaksanakan jalan santai dan berbagai macam perlombaan, bertempat di Kantor Desa Pasanggrahan Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi.

Tujuan dilaksanakannya serangkaian peringatan hari ulang tahun Desa Pasanggrahan ini adalah untuk melestarikan budaya sunda diantaranya seperti lomba dongdang dan nasi tumpeng merupakan upaya promosi serta membangun Desa Pasanggrahan yang mandiri.

"Pelaksanaan acara ini bertujuan untuk melestarikan budaya leluhur/budaya sunda, jangan sampai anak cucu lupa dengan peninggalan kebudayaan yang ada, menumbuhkan dan menguatkan jati diri yang ada di Desa Pasanggarahan yang pergi merantau akan tetap kembali dengan harapan dapat membangun Desa Pasanggarahan menjadi lebih mandiri, makmur serta mengacu pada Desa yang berbasis budaya", Ucap Kepala Desa Pasanggrahan Irman Setiadi Rahman.

Ketika acara ulang tahun Desa Pasanggrahan di ikuti kurang lebih seribu orang peserta jalan santai dan lomba dongdang, antusias warga Desa Pasanggrahan cukup tinggi, hal ini terlihat sepanjang jalan dari start sampai finish dipenuhi para peserta dan tidak kalah lagi penonton pun ikut memeriahkan, saya ucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Desa Pasanggrahan bersama muspika Kecamatan Sagaranten yang sudah mendukung dan peduli di acara ulang tahun Desa Pasanggrahan ini", Ucap Kepala Desa Pasanggrahan Irman Setiadi Rahman.

Tidak hanya ketika acara ulang tahun Desa Pasanggrahan. Pemerintah juga mensosialisasikan kepada anak-anak mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekola menengah atas, agar tetap menjaga budaya leluhur agar jangan sampai generasi yang akan datang melupakan budaya yang telah ada sejak lama ini tidak hanya kepada anak-anak saja orangtuanya juga harus ikut menjaga budaya leluhur yang selama ini masih dijaga budaya sundanya.

Pemerintah Kantor Desa Pasanggrahan juga mempunyai program kerja yaitu mengadakan kegiatan kerja bakti atau biasa disebut gotong royong sesama masyarakat untuk agar tetap menjaga kebersihan Desa Pasanggrahan, tidak hanya itu ada lagi program kegiatan yang biasanya dilakukan mengaji bersama ada yang setiap minggu dan ada juga yang setiap bulanan digelar bergantian contohnya bulan sekarang dari rt satu dan bulan selanjutnya di rt dua, seterusnya seperti itu. Masyarakatnya pun sangat antusias untuk mengikuti program kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Desa Pasanggrahan.

Mayoritas masyarakat desa ini pekerjaan nya dibidang pertanian dikarenakan di Desa Pasanggrahan masih memiliki sawah yang sangat luas untuk dijadikan mata pencaharian sehari-hari, membuat warung sembako, dan berjualan di pasar. Strategi camat dalam guna mengembangkan potensi desa ini dengan cara membangun infrastruktur agar lebih baik lagi dari sebelumnya dan juga agar dikenal oleh masyarakat luas dari luar kota, dan membagikan bantuan sosial secara merata ke masyarakat sekitar agar merasakan kesejahteraan dan nyaman berada di Desa Pasanggrahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline