Lihat ke Halaman Asli

Ghiyats Hamasah Izzulhaq

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prodi Pendidikan IPS.

Mengenal Ajaran Tarikat Tijaniyah dari Pondok Buntet Pesantren Cirebon

Diperbarui: 19 Juni 2023   08:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sejarah Singkat Pondok Buntet Pesantren

Pondok Buntet Pesantren Cirebon merupakan salah satu pondok tertua yang ada di Pulau Jawa yang didirikan sejak abad ke-18 tepatnya pada tahun 1770 M. Mbah Muqoyyim atau pemilik nama asli dari Muqoyyim bin Abdul Hadi, merupakan pendiri Pondok Buntet Pesantren Cirebon. Sebelum mendirikan sebuah Pesantren di daerah Buntet, Cirebon, Mbah Muqoyyim terlebih dahulu berpuasa selama duabelas tahun. Tiga tahun pertama beliau berpuasa untuk dirinya sendiri, tiga thaun kedua beliau berpuasa untuk anak cucunya, tiga tahun ketiga beliau berpuasa untuk tanah yang akan beliau jadikan sebagai daerah pesantren, dan tiga tahun terakhir belia berpuasa untuk santri-santri nya kelak.

Pondok Buntet Pesantren menunjukkan sikap konsisten dalam menyebarkan syi’ar-syi’ar Islam. Sikap tersebut diwujudkan dalam berbagai nilai-nilai kehidupan, seperti keagamaan, pendidikan, kebangsaan dll. Seiring dengan terus berkembangnya zaman, Pondok Buntet Pesantren memadukan antara sistem salafi dengan sistem khalafi. Sistem Salafi merupakan salah satu ajaran yang berpedoman kepada literasi-literasi para cendikiawan muslim di masa yang lalu. Dan Sistem Khalafi merupakan sistem belajar yang mengacu kepada suatu pendidikan yang bersifat modern dengan diterapkannya kurikulum maupun sistem pendidikan yang berlaku.

Disamping itu, keberadaan seorang Kyai, Pesantren dan Tarikat, merupakan tiga unsur keberagamaan yang saling keterkaitan dan tidak dapat dihilangkan salah satunya. Seringkali kita temukan bahwa seorang Kyai atau Ulama memiliki pesantren dan juga tarikat. Di Pondok Buntet Pesantren sendiri memang sejak awal sudah terdapat dua tarikat. Yang pertama ialah Tarikat Syatariyah, dan Tarikat Tijaniyah.

Asal-usul Tarikat Tijaniyah

Tarikat Tijaniyah dibawa oleh KH. Anas atau Muhammad Anas, dengan nama Ibunya bernama Nya’I Qori’ah dan Ayahnya bernama KH. Abdul Jamil. Mbah Muqoyuim merupakan putra kedua yang dibesarkan dari total empat bersaudara, dilahirkan pada tahun 1883 M di Desa Pekalangan, Cirebon. Kakak beliau bernama KH. Abbas yang dulu juga pernah memimpin Pondok Buntet Pesantren, dan kedua adiknya yang bernama KH. Ilyas dan KH. Akyas.

Tarikat Tijaniyah berkembang pesat di kalangan Buntet Pesantren. Ajaran Tarikat Tijaniyah terbilang mudah bagi siapa saja yang ingin mempelajrinya,  dan tidak memaksa untuk menarik perhatian bagi sebagian masyarakat khususnya di Pulau Jawa. Dalam ajaran Tarikat Tijaniyah dikenal dengan istilah muqaddam min muqaddam. Muqaddam min Muqaddam artinya seorang  ikhwan  Tijaniyah  bisa  melakukan  bai’at  lebih  dari  satu kali kepada muqaddam lainnya  dengan  alasan  ketakwaan,  senioritas  usia,  ataupun  disiplin  ilmu  yang dimiliki muqaddam senior  tersebut. Berdasarkan  hal tersebut,  diketahui bahwa KH. Anas melakukan bai’at tarikatnya dua kali, yang pertama dari Syekh Alfa Hasyim di Madinah dan kedua dari Syekh Ali al-Thayyib, murid dari Syekh Alfa Hasyim ketika beliau datang ke Indonesia tahun 1937.

Pada umumnya, nama tarikat ditunjukkan sebagai suatu penisbatan kepada nama pendirinya. Seperti halnya Tarikat Qadariyah, pendirinya ialah Syekh Abdul al-Qadir Al-Jailani, Tarikat Naqsyabandiyah didirikan oleh Bahauddin Naqsyaband, Tarikat Syatariyyah didirkan oleh Abdullah al-Syattar, maka Tarikat Tijaniyah berasal dari nama pendirinya yaitu Abu al-Abbas Ahmad bin Muhammad bin Mukhtar al Tijani.

Tijani merupakan nama suku asli yang berada di daerah Algeria atau Aljazair di bagian selatan. Berdasarkan nasab, orang asli dari suku Tijani ialah Ibu Abu al-Abbas Ahmad, yang bernama Sayyidah  Aisyah  binti  Abdullah  al-Sanusi  al-Tijani. Secara lengkap silsilah Abu al-Abbas Ahmad adalah sebagai berikut: Abu al-Abbas Ahmad  bin  Muhammad  bin  Mukhtar  bin  Ahmad  bin  Muhammad  bin  Salim  bin  Ahmad (bergelar al-Alwaany) bin Ahmad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abd al-Jabbar bin Idris  bin Ishaq bin  Ali Zain al-Abidin, bin  Ahmad bin Muhammad an-Nafsu  az-Zakiyah bin Abdullah bin Hasan al-Mutsannna bin al-Hasan al-Sibthi, bin Ali bin Abi Thalib dari Sayyidah Fatimahaz Zahro binti Muhammad SAW.

Ajaran Tarikat Tijaniyah

Wirid Lazim

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline