Public Relation memiliki peran penting dalam memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam perusahaan yang dapat membantu atau mengatasi masalah dan krisis. Public Relation bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan berkomunikasi dengan jelas dan memperhatikan masalah sosial.
Media Sosial dan Public Relation memiliki hubungan yang sangat erat dalam dunia pemasaran dan komunikasi. Dalam era digital yang semakin berkembang Media Sosial dapat menjadi sarana yang sangat efektif dalam mencapai target audiens, karena dapat membangun kepercayaan dengan stakeholder lainnya.
Public Relation dalam menggunakan Media Sosial mampu memberikan informasi yang berguna, serta menangani keluhan dan kritik dengan cepat. Namun tetap membutuhkan perencanaan yang matang.
Oleh karena itu, Public Relations harus memiliki strategi yang jelas dan matang dalam menggunakan Media Sosial. Termasuk pengelolaan konten yang dipublikasikan harus memperhatikan umpan balik dari pengguna sosial media, dan menangani masalah dengan krisis cepat maupun efektif. Public Relation harus memastikan bahwa komunikasi mereka dengan khalayak benar-benar jujur dan transparan ataupun tidak menyesatkan. Public relation harus bekerja dengan integritas dan bertanggung jawab atas apa yang mereka sampaikan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H