Lihat ke Halaman Asli

Analisis Iklan Bejo Jahe Merah

Diperbarui: 19 Juli 2022   10:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tangkapan layar channel Natsuki TVCommercials

Iklan Bejo Jahe Merah merupakan sebuah iklan minuman herbal yang diproduksi oleh produsen Bejo Jahe Merah sebagai upaya untuk mempromosikan minuman ini sebagai obat herbal yang dapat dikonsumsi sebagai pereda gejala masuk angin. Dengan menayangkan lagu koplo nya yang khas dan sedang naik daun belakangan ini, membuat denny caknan memiliki banyak penggemar, dengan mengganti lirik lagu koplo pemilik denny caknan didalam iklan bejo jahe merah disebutkan khasiat dari bejo jahe merah sebagai obat masuk angin dan dibuat dari bahan alami, dengan kreatifitas iklan menggunakan lagu koplo tersebut membuat lirik lagu tersebut mudah di ingat dan membuat berulang ulang dinyanyikan olah penontonnya. Semakin banyak iklan tersebut berpotensi dilihat banya orang, maka akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa media iklan tersebut. Iklan dirancang untuk membuat konsumen lebih sadar akan orang, produk, atau tempat yang ditawarkan. Salah satu aspek penting dari iklan komersial adalah dapat menciptakan permintaan atau kebutuhan pada diri konsumen akan produk yang diiklankan. Begitu konsumen memiliki alasan untuk menginginkan sesuatu, iklan komersial hadir untuk menawarkan solusi atas kebutuhan tersebut. Iklan komersial memberikan jawaban atas pertanyaan konsumen, seperti ingin makan apa, ingin pergi ke mana, atau apa yang harus dibeli. Iklan yang efektif dapat menciptakan keinginan sekaligus menawarkan solusi yang menarik bagi konsumen. Namun, tidak setiap aspek iklan komersial berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan, iklan juga bisa menciptakan pencitraan sebuah merek. Pencitraan merek yang efektif dapat membuat konsumen langsung mengenali perusahaan atau nama produk dan memiliki penilaian yang positif terhadap merek atau produk tersebut.

PENDEKATAN IKLAN


Iklan Bejo Jahe Merah mengedepankan pendekatan emosional dengan masyarakat Indonesia melalu alur iklan yang dibuat seolah-olah tengah berada di suasana pernikahan. Untuk mempertebal rasa keindonesiaan, seluruh cast iklan menggunakan baju khas daerah seperti kebaya dan baju blankon. Pada iklan Bejo Jahe Merah, produsen iklan menampilkan beberapa bahan alami yang digunakan untuk menyembuhkan masuk angin. Bahan-bahan tersebut antara lain jahe merah, madu, mint, cabe jawa dan adas soft selling yang dilakukan oleh pengiklan dengan cara menawarkan khasiat-khasiat produk dan bukan sebaliknya yaitu memaksa pembeli untuk membeli produk yang dijual. Rancangan produk yang menciptakan kesan tertentu dalam ingatan konsumen. Dalam hal ini, Bejo Jahe Merah memiliki slogan "Ambyar Angine" yang berarti anginnya akan menyerah dengan kedatangan Bejo Jahe Merah

CELEBRITY ENDORSER


Pada iklan Bejo Jahe Merah, selebrity yang digunakan untuk mengiklankan produk adalah Denny Caknan. Denny caknan dipilih karena memiliki suara khas yang cocok untuk membawakan lagu bernuansa koplo. Selain itu, lagu yang dibawakan Denny juga sedang booming karena terkesan sangat ringan dan dekat dengan kehidupan rakyat Indonesia sehingga diharapkan banyak masyarakat yang akan menyukainya. Dengan pengikut Instagram sebanyak 1.9 juta, denny caknan cocok dijadikan bintang iklan agar banyak pengikutnya yang menyaksikan dan lebih aware terhadap khasiat dari bejo jahe merah.

Penulis : Ghina Fitriyana - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline