Lihat ke Halaman Asli

Strategi Penguatan Pemasaran dan Pengembangan Usaha Arzetta Cookies di Era Endemi

Diperbarui: 1 Juli 2022   14:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

kamis, 30 juni 2022. Kegiatan Kuliah kerja nyata universitas 17 agustus 1945, kegiatan yang dilaksanakan oleh semua mahasiswa semester 6, KKN yang telah di adakan mulai tanggal 1 juni 2022 sampai 30 juni 2022, pada pelaksanaan KKN 12 Hari. Saya salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN adalah Ghilman Nur Wahana, program Studi fakultas hukum, kelompok KKN R 28. Dengan Bimbingan bapak Moh. Nor Ali Aziz, S.T., M.T., yang turut membantu bimbingan dalam suatu pelaksanaan.

KKN yang telah saya laksanakan ini yakni KKN Regular, pelaksanaan saya mulai tanggal 17 juni 2022 - 29 juni 2022. Perihal program saya yakni membahas tentang UMKM, yang berfokus pada perluasan pemasaran kue kering, variant baru kue kering, dan desain kemasan yang menarik minat masyarakat.Pengembangan produk merupakan langkah tepat dalam sebuah proses dan strategi untuk meningkatkan penjualan produk, maka dari hal tersebut peluang yang ada di sekitar dapat berpotensi untuk pengembangan suatu usaha, jika dapat di pahami secara rinci. Seperti halnya pendapat atau testimoni dari suatu customer yang sangat berpotensi untuk meningkatkan suatu penjualan produk. Dari hal tersebut setiap customer dapat memberikan ulasan mengenai tiap produk,variant, metode penjualan, pengemasannya. 

Dari situ juga semakin terpacu adanya motivasi dalam menyalurkan inovasi kepada mitra, agar dapat memberikan peningkatan pada pelayanan, pengemasan, cita rasa, maupun penjualannya. artinya, mitra perlu menyajikan unsur-unsur baru yang dapat memikat hati pelanggan.

Selain itu, pengembangan produk termasuk dalam proses perubahan yang dilakukan pada produk yang sudah ada sebelumnya. Sekaligus sebagai proses mencari inovasi guna menambah nilai terhadap produk lama dan mengkonversikannya ke dalam bentuk produk tersebut. Dengan dilakukannya pengembangan produk, itu artinya perusahaan sudah paham dan mengetahui terkait kebutuhan dan juga keinginan pasar. 

Program kegiatan yang saya laksanakan telah tercapai dengan baik. Hal tersebut meliputi aspek yang telah dikemukakan secara totalitas, menurut program yang telah saya buat. dari hal itu sesuai dengan hasil koordinasi dengan mitra, survey dari customer sehingga dapat memberikan ide untuk melakukan sebuah improvement pada produk.

Kegaiatan yang telah dilaksanakan menghasilkan berupa

marketplace, pemasaran secara digital berpotensi meningkatkan penjualan secara signifikan, berbagai customer dan seller lebih memilih beralih ke marketplace. 

Desain kemasan produk, hal tersebut merupakan aspek terpenting dalam penjualan produk, semakin menarik desain kemasan produk, semakin juga meningkat penjualan produk. Salah satu Ketertarikan customer bermula dari desain kemasan yang menarik.

Variant baru kue kering, ketertarikan akan jenis kue kering sangat beragam menurut customer, tiap selera berbeda-beda. Hal tersebut dapat memberikan motivasi kepada mitra untuk memberikan variant baru, sesuai hasil survey dari customer.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline