Lihat ke Halaman Asli

Ghifary Abrar

Mahasiswa S1 Teknologi Sains Data Universitas Airlangga

Optimalisasi Kelurahan Sumberrejo melalui KKN-BBK 3 Kelompok 2 Sumberrejo Universitas Airlangga 2024

Diperbarui: 31 Januari 2024   05:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Kegiatan Kelompok 2 KKN BBK-3 Kelurahan Sumberrejo  (Sumber: Dokumen Pribadi)

Sumberrejo, Pakal (31/01/2024) - Universitas Airlangga memandang penting peran mahasiswa dalam memberikan dampak positif terhadap masyarakat. 

Sejalan dengan itu, sebuah inisiatif besar diluncurkan dalam bentuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan konsep Belajar Bersama Komunitas (BBK). 

Konsep ini bertujuan menciptakan suasana di mana mahasiswa dan komunitas saling belajar, bertukar pengetahuan, dan bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Dengan bertujuan untuk memberikan jejak positif untuk transformasi komunitas, Kelompok 2 KKN-BBK 3 di Kelurahan Sumberrejo Universitas Airlangga mengambil peran untuk melibatkan diri dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat memberi pengetahuan baru serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keadaan sekitar dengan memberikan program kerja yang bergerak di beberapa bidang, yaitu ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan. 

Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, kami berfokus dalam memberikan pengetahuan seputar pajak dan UMKM. Fokus tema tersebut didapatkan berdasarkan pemahaman bahwa pajak merupakan aspek yang krusial terhadap pertumbuhan ekonomi dan terdapat perubahan, seperti perubahan penggunaan NPWP menggunakan NIK dan tentunya UMKM saat ini harus terus berkembang, dengan salah satu caranya adalah menggunakan perkembangan teknologi, seperti penggunaan sosial media untuk penjualan produk. 

Kegiatan SOPA (Sumber: Dokumen Pribadi)

Dalam memberikan pengetahuan seputar pajak,kami membuat program penyuluhan dengan nama kegiatan SOPA (Sosialiasi Pajak). Kegiatan ini mengundang narasumber mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Bryant Ritchie Trisnodjojo yang sudah berpengalaman dalam pemberian materi seputar pajak terhadap masyarakat umum. Penyuluhan tersebut diberikan oleh Bryant dalam sosialisasi yang diberikan secara interaktif terhadap masyarakat RW 1 Kelurahan Sumberrejo dengan dilakukan sesi tanya jawab dan memberikan pengetahuan terkait info terupdate terkait pajak, terutama dalam perubahan NPWP menjadi NIK yang akan terjadi sebentar lagi. Dengan memberikan pengetahuan seputar pajak tersebut, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pajak dan kepatuhan perpajakan di Kelurahan Sumberrejo.

Kegiatan Digitalisasi UMKM (Sumber: Dokumen Pribadi)

Kemudian, dalam UMKM,kami menyadari bahwa tidak semua UMKM memiliki akses untuk mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan UMKM mereka. Dengan begitu, kami membentuk program kerja berbentuk penyuluhan serta praktik dalam melakukan digital marketing melalui Gojek dan Instagram dengan mengundang narasumber yang juga berpengalaman dalam bidang marketing UMKM, Astandi Dinoryan yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Selain penyuluhan terkait digital marketing, Astandi juga memberikan ilmu terkait bagaimana dapat meningkatkan engagement di sosial media, penggunaan logo serta nama bisnis yang sangat berperan penting dalam memberikan identitas yang dikenal oleh masyarakat. Dengan memberikan ilmu tersebut, kami berharap dapat meningkatkan UMKM sekitar Sumberrejo, sehingga UMKM tersebut dapat berkembang menjadi usaha yang dapat bersaing dengan dunia luar.

Bidang Pendidikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline