Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kualitas SDM di Jerman

Diperbarui: 8 September 2024   17:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Selain kekayaan sumber daya alam, kualitas sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting bagi kesuksesan dan majunya suatu organisasi, perusahaan dan negara. sumber daya manusia berarti kualitas manusia, masyarakat yang terdapat dalam suatu negara. Sumber daya manusia berarti kemampuan dan kecakapan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam hingga seluruh potensinya, juga berperan dalam interaksi sosial. 

Kualitas sumber daya manusia sangatlah penting karena segala potensi sumber daya yang dimiliki manusia yang dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk meraih keberhasilan bersama. 

Dalam hal negara maka untuk keberhasilan negara. Banyak faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia di suatu negara, seperti pendidikan, lingkungan tumbuh, lingkungan pekerjaan, kelas ekonomi dan sosial, faktor politik, dan juga budaya.

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia berarti meningkatkan kualitas bangsa dan negara. Oleh sebab itu di negara-negara maju, terdapat usaha-usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

Contohnya seperti di Jerman. Jerman adalah sebuah negara di Eropa bagian tengah yang memiliki sejarah panjang dan menarik. Jerman sampai saat ini terkenal karena perkembangan teknologinya yang sangat pesat. Jerman adalah suatu negara republik federasi, yang memiliki jumlah penduduk sekitar 81 juta jiwa. 

Jerman merupakan salah satu negara di dunia yang menawarkan pendidikan gratis bagi warganya maupun pendatang, karena pendanaannya datang dari pajak, dan ditanggung oleh negara. Jadi semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. 

Jerman mendesain sistem pendidikan tingginya menjadi dua jalur, jalur akademik dan jalur vokasi. Sehingga orang-orang yang bisa masuk kuliah sudah melalui proses seleksi. Berdasarkan data, lebih dari 40% masyarakat Jerman telah mendapatkan gelar S1, yang menandakan kualitas pendidikan dan SDM di Jerman yang tinggi.

Akses kuliah yang lebih merata pada seluruh masyarakat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jerman, karena setiap orang mendapatkan kualitas dan kesempatan pendidikan yang sama, sehingga salah satu standar faktor kualitas sumber daya manusia terangkat, tidak ada lagi anak-anak yang tidak bisa bersekolah karena tidak mampu. 

Kebijakan ini juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di Jerman secara menyeluruh, karena uang untuk membayar pendidikan bisa dipakai untuk kebutuhan lain. Selain itu, pendidikan gratis, terutama kuliah gratis menimbulkan daya tarik pelajar asing untuk belajar, tinggal, dan bekerja di Jerman. Dengan begitu meningkatkan kualitas Jerman di mata dunia dan keberagaman dalam masyarakat Jerman.

Saat ini di Indonesia, kesenjangan pendidikan masih menjadi masalah yang mengganggu pertumbuhan negara. Kesenjangan pendidikan adalah perbedaan kualitas pendidikan yang didapatkan oleh setiap anak. Hal ini diakibatkan oleh ketimpangan dan kecenderungan anggaran sekolah pada sekolah-sekolah di perkotaan, hingga kualitas pendidikan tentu berbeda. Selain itu, perbedaan kondisi ekonomi setiap anak juga semakin memperparah kesenjangan pendidikan.

Maka, Indonesia bisa mengadopsi sistem pendidikan hingga kuliah gratis dari Jerman, agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline