Ketersediaan informasi dan kemudahan akses menjadi bagian penting dalam proses penelusuran suatu informasi. Di dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sering mengalami ketika kita hendak bertanya mengenai sesuatu lantas lawan bicara kita akan mengatakan "cari saja di google".
Hal tersebut tidak salah, karena internet sudah menyediakan banyak informasi yang tersimpan dalam berbagai bentuk format, baik pdf yang dapat dibaca tanpa koneksi internet ataupun format artikel yang disajikan melalui tampilan website.
Meskipun, pada dasarnya alat telusur informasi itu banyak, seperti duckduckgo, bing, yandex, hingga ecosia. Informasi yang berada di internet dapat dikatakan terlalu banyak, sementara waktu yang kita butuhkan tidak sebanyak itu untuk mengecek satu per satu.
Septiyantono (2023) mengemukakan bahwa untuk mencegah masyarakat secara potensial terjebak dalam banyaknya informasi, setiap orang perlu memiliki kemampuan dalam hal mencari, memakai, dan mengevaluasi informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien, serta dapat mengembangkannya menjadi pengetahuan yang baru.
Literasi informasi merupakan kemampuan yang diperlukan dalam menggunakan dan menghasilkan suatu informasi. Terdapat beberapa model literasi informasi yang diungkapkan oleh Septiyantono, diantaranya adalah:
a. Big 6
b. Research Cycle
c. Bruce's Seven Faces of Information Literacy
d. Guided Inquiry: Carol Kuhlthau dan Ross Todd
e. The Seven Pillars Model
d. Empoweing Eight
Big 6 dikembangkan oleh Eisenberg dan Berkowitz. Big 6 memiliki penekanan pada pengembangan logika, pendekatan berpikir secara kritis untuk melakukan penyelesaian masalah (Zulaikha, 2008). Septiyantono (2023), menjelaskan enam tahap dengan dua sub tahap, yaitu:
a. Pendefinisian Tugas
- Definisikan masalah informasi yang dihadapi
- identifikasi kebutuhan informasi.
b. Strategi dalam mencari informasi
- Menentukan semua sumber informasi yang mungkin dapat dijadikan rujukan
- Memilih sumber informasi terbaik.
c. Lokasi dan akses
- Tentukan lokasi sumber secara intelektual ataupun fisik
- menentukan informasi dalam sumber
d. Menggunakan informasi yang diperoleh
- Hadapi dengan cara membaca, mendengar, menyentuh, dan mengamati
- Ekstrak informasi yang memiliki tingkat relevansi dengan yang dibutuhkan.
e. Sintesis
- Mengorganisasikan banyak sumber
- Sajikan informasi
f. Evaluasi
- nilai produk yang dihasilkan dari segi efektivitas
- nilai proses apakah sudah cukup efisien