Lihat ke Halaman Asli

Gheastu Gilang Cahyandaru

Editor, Graphic Designer, Photographer, Art Enthusiast

Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur Melakukan Kegiatan Hidroponik bersama RPTRA Berseri Petukangan Utara

Diperbarui: 20 Juni 2022   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa yang merupakan kegiatan sivitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini, masyarakat sering dihadapakan dengan berbagai permasalahan yang belum terpecahkan karena tidak adanya subjek yang menangani permasalahan tersebut. Hal ini tentunya sangat terkait dengan fungsi perguruan tinggi sebagai salah satu bagian penting dalam pembangunan bangsa. Mahasiswa Universitas Budi Luhur dapat berperan aktif untuk membantu memecahkan permasalahan masyarakat dengan menerapkan sifat kebudiluhuran seperti tolong-menolong, kerja sama dan tanggung jawab terhadap masyarakat.

Kegiatan Kelompok KKN M2 berlokasi di RPTRA Berseri, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, 12260. Adapun permasalahan yang tengah dialami oleh RPTRA Berseri yaitu kurangnya sumber daya manusia untuk pembudidayaan tanaman hidroponik sehingga tidak banyak varian tanaman yang dibudidayakan dan beberapa kendala seperti kurang terawatnya kolam ikan yang ada. Program budidaya tanaman pangan melalui metode hidroponik kurang dikenal oleh masyarakat sehingga antusias masyarakat juga sangat minim, dilihat dari waktu kunjungan hanya dipergunakan untuk mengantar anak-anak atau berjalan-jalan saja di sekitar kawasan RPTRA, hal ini sangat disayangkan mengingat potensi budidaya tanaman pangan dengan metode hidroponik ini sangat besar terutama untuk nilai ekonomisnya.

Kelompok KKN M2 membuat program yang bertemakan "Pemanfaatan Hidroponik Sebagai Metode Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan Dan Revitalisasi Kolam Ikan Di RPTRA Berseri". Program tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu: Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan dan Revitalisasi Kolam Ikan. Program Pengembangan Budidaya Tanaman Pangan merupakan kegiatan menanam yang dilakukan dengan metode Hidroponik dan hasil panen tersebut dapat dimanfaatkan oleh pengelola dan masyarakat. Program Revitalisasi Kolam Ikan yaitu kegiatan pemanfaatan Kolam Ikan dan penyediaan paranet untuk menghindari paparan sinar matahari langsung, agar terjaga kualitas pengairan tanaman hidroponik.

Program kerja dapat dilaksanakan dengan baik sesuai rencana dan harapan. Budidaya tanaman hidroponik panen disaat yang tepat dan hasilnya dimanfaatkan oleh pengelola RPTRA Berseri dan masyarakat sekitar. Kegiatan panen dilakukan oleh Kelompok KKN M2 bersama petugas Kelurahan dan pengelola. Kegiatan Revitalisasi Kolam Ikan pun berjalan lancar dengan kebersamaan. Tindak lanjut program kerja ini akan dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline