Lihat ke Halaman Asli

Ghea Safirna

Universitas Pamulang

5 Dampak K-Pop yang Sering Diremehkan Orang-Orang

Diperbarui: 14 Oktober 2021   12:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pada era millenial saat ini perkembangan musik semakin memperluas pikirannya. Saat ini genre yang sedang ramai digandrungi para millenial adalah k-pop. Kpop tersebut terdiri dari beberapa orang dalam satu grup. 

Sudah menjadi hal yang biasa apabila fans kpop banyak dicibir oleh orang-orang sekitar karena beranggapan kpop ini adalah dampak negatif di era millenial. Sebagai fans kpop, pasti sering merasa down karna orang-orang disekitarnya yang tidak memiliki selera kpop menjelek-jelekkan hobi mereka yang menyukai hal-hal serba korea. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap kpopers itu lebay atau alay. 

Terkadang fans kpop pun bingung mengapa orang selalu beranggapan negatif terhadap kpop. Tidak selamanya mengidolakan sesuatu itu negatif. pasti ada dampak positif yang diambil dan bermanfaat bagi generasi millenial. 

  1. Mengajarkan untuk berfikir positif dan belajar untuk mencintai diri sendiri 

Sebagai fans kpop pasti kita sudah tidak asing lagi dengan Boygroup BTS. BTS mengajarkan para fansnya ataupun yang bukan fansnya untuk mencintai diri sendiri lewat lirik lagu "love myself" dan juga dibeberapa albumnya. Bahkan BTS melakukan pidato #SpeakYourself di United Nations untuk menyuarakan bahwa kita harus lebih mencintai diri sendiri. 

  1. Menambah teman dan wawasan

Kpop dapat menambah wawasan dan pertemanan karena banyak lirik-lirik  yang isinya dapat mempersatukan orang dari beberapa kalangan dan negara. 

  1. Bermanfaat dibidang pendidikan 

Mungkin beberapa orang berfikir bahwa kpop tidak memiliki manfaat dibidang pendidikan . Tetapi, pernyataan itu tidak tepat karena kita bisa ambil contoh dari lirik lagu BTS yang berjudul "Pied Piper" dimana lirik tersebut memngingatkan bahwa ada saatnya kita harus berhenti mendengarkan kpop untuk bekerja atau ujian. Agar pekerjaan dan ujian yang dilakukan cepat selesai. Apabila semua ujian dan pekerjaan telah selesai barulah kembali mendengarkan kpop. 

  1. Menginspirasi cara berpakaian 

Seperti yang sering dibacarakan kpop memiliki fashion yang unik dan menarik dengan gaya yang simple dapat menginspirasi orang-orang untuk berpakaian unik dan simple.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline