Lihat ke Halaman Asli

Sistem Informasi Manajemen

Diperbarui: 7 Maret 2016   19:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos


Sebuah sistem informasi manajemen adalah serangkaian sub- sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi, yang terintegrasi secara rasional dan yang mentransformasikan data menjadi informasi dengan berbagai cara sehingga dapat meningkatkan produktivitas selain juga sesuai dengan gaya dan watak para manajernya. Informasi ini dibuat atas dasar kriteria mutu tentang kecepatan, relevansi, ketepatan, umpan balik, dan ketersediaan data yang selektif.


Sebuah sistem komputer, yang merupakan dasar sebagian besar sistem informasi manajemen (SIM), mampu mengolah berbagai kemampuan teknis yang berbeda. Termasuk operasi on-line, real-time (OLRT), switching pesan, memaskkan data jarak jauh, pensarian file, pemodelan keputusan, dan pengolah kata.


Informasi yang ringkas dengan cara agregasi, pemadatan, statistika, deskripsi naratif tertulis atau lisan, atau grafis. Kemampuan grafik pasa komputer bisnis adalah salah satu bentuk pertumbuhan pesat dibidang komputasi. Laporan informasi harus diupayakan sesingkat mungkin, dan harus mampu menyoroti informasi yang penting. Jenis-jenis laporan adalah laporan periodik, laporan indikator kunci, laporan siap panggil, laporan khusus, dan laporan perkecualian.


Manajemen sumber daya informasi (IRM) adalah konsep yang baru muncul, yang menganggap informasi sebagai sumber daya milik organisasi yang sangat berharga. Informasi serupa dengan sumber daya yang lainnya dalam arti memiliki harga dan sumber pengembalian modal, dan kegagalan untuk memperoleh ataupun menggunakannya secara wajar akan berpengaruh pada biaya kesempatan. Informasi berbeda dari sumber daya lain yakni pada sifat tak terukur dan dapat digunakan ulang hanya dengan sedikit biaya tambahan . dan manajemen informasi harus memperhatikan dengan seksama persamaan dan perbedaan ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline