Lihat ke Halaman Asli

Ghani AbdurRahman

Penulis Artikel

Kucing Rumahan Kutuan, Ini Dia Obat Secara Alami!

Diperbarui: 17 April 2023   06:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi: Catmily.com

Kutu sebagai salah satu musuh paling terburuk dari semua hewan peliharaan di rumah. Biasanya kutu kucing adalah jenis hewan yang sering banyak ditemukan pada kucing. Kutu kucing juga bisa datang dari manusia, dan dari mana saja kutu itu datang. Jika kucing kena kutu, maka akan berkembang biak dan menjadi pertumbuhan kurang maksimal serta terkena penyakit gatal-gatal. Karena digigit kutu kucing yang menyebabkan ketidaknyamanan dan menjadikan gejala alergi. Jadi, simak ulasan ini sampai habis, terkait penyebab kucing bisa terkena kutu hingga pengobatan pada obat kutu kucing secara alami.

1. Serutan Cedar 

Sebagai salah satu obat paling ampuh yaitu serutan cedar. Biasanya untuk membunuh kutu dengan cara hanya menebarkan serutan cedar di sekitaran tempat kucing itu tidur dan tempat bermain. Jika kita tidak ingin terlihat kotor, maka dapat diganti dengan semprotan minyak cedar. Minyak ini hanya langsung diberikan pada bulu kucing, karena tidak mengandung racun dan aman bagi kucing.

2. Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang biasanya ada di rumah mengandung carvacrol dan terbukti secara efektif dalam menghilangkan kutu kucing. Anda perlu mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dan oleskan pada bagian tubuh kucing seperti telinga, perut, dan leher kucing. Minyak ini hanya digunakan untuk mengoleskan ke seluruh tubuh kucing tersebut. 

3.  Cuka Sari Apel 

Cuka sari apel akan membuat kutu semakin keluar dari tubuh kucing menjadi berkurang. Cara ini paling mudah dan hanya mencampurkan cuka sari apel dengan rasio banding 2:1, lalu buat steam ke dalam tubuh kucing.

4. Lavender dan Chamomile

Bahan yang terdapat didalam kandungan ini sangat efektif untuk menghancurkan kutu pada kucing. Caranya cukup mudah, gunakan cairan lavender atu chamomile untuk semprotkan pada tubuh kucing agar terhindar dari kutu. Jika sudah, maka tubuh kucing tidak perlu dicuci karena kandugan ini akan diserap dengan baik oleh tubuh kucing.

5. Lemon

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline