Lihat ke Halaman Asli

M Ghalih AI 079

Mahasiswa/Semester 2/BPI/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Problematika Dakwah: Menghadapi Hambatan dan Tantangan dengan Solusi Efektif

Diperbarui: 25 Juni 2024   07:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

newea.org

Oleh: Syamsul Yakin & Muhammad Galih Adhinuk Ikhsan

Dosen & MaUIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Problematika dakwah adalah masalah dakwah yang belum ada solusinya. Jadi, da'i harus berusaha keras untuk memecahkannya. Ada dua masalah dalam dakwah: hambatan dakwah dan tantangan dakwah. Hambatan dakwah adalah keterbatasan sumber daya, media, dan biaya. Sumber daya yang dimaksud adalah kualitas intelektual dan spiritual da'i.

Dapat dipahami akan ketidakmampuan da'i untuk menggunakan dan memanfaatkan media, baik tradisional (panggung dan mimbar), konvensional (koran, radio, dan televisi), maupun modern (media digital). Selama ini, dana untuk dakwah ditanggung secara insidental oleh mitra dakwah. seperti iuran atau donasi. Dengan melakukan investasi atau usaha, pembiayaan dakwah harus menggunakan perencanaan keuangan kontemporer.

Keterbatasan sumber daya, media, dan biaya dakwah pasti akan menghambat kemajuan dan pencapaian dakwah dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Seorang dai harus menyingkirkan hal-hal yang menghalangi perjalanannya, seperti arus listrik. 

Selanjutnya, tantangan dakwah menjadi keterbatasan dalam berdakwah, dan mitra dakwah mendorong untuk diatasi dengan cara yang tepat dan akurat. Dengan demikian, tantangan dakwah akan menjadi tekad yang kuat untuk berdakwah dengan memperbaiki unsur-unsur dakwah yang diperlukan.

Tantangan dakwah biasanya mendorong para dai untuk mencari cara baru untuk mengatasi tantangan hingga dakwah mereka berhasil. Dengan kata lain, tantangan terkadang digunakan untuk menguji ketangguhan para dai. Dengan kata lain, dunia dakwah dipenuhi dengan perubahan internal dan eksternal. Tantangan dakwah yang menimbulkan kesulitan dalam berdakwah dapat meningkatkan semangat dakwah jika diatasi dengan baik. Oleh karena itu, tantangan dakwah mendorong para dai untuk bersaing dan bertekad untuk menang.

Sebenarnya hambatan dan tantangan dakwah terjadi karena upaya dakwah itu sendiri. Untuk mengatasi masalah ini, dai san mitra dakwah harus mengatasi keterbatasan dakwah dan mencari solusi untuk masalah tersebut, termasuk pendekatan, strategi, metode, dan teknik berdakwah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline