Lihat ke Halaman Asli

Aiiury

Dwi Ayunita Lestari

Trik Memilih Kurma yang Bikin Nagih

Diperbarui: 11 Maret 2024   06:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pinterest.com/Ajwadates

Kurma memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya kaya akan serat, kurma juga mengandung gula alami yang dapat memberikan sumber energi dan dapat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Mengkonsumsi kurma selama bulan puasa sangat direkomendasikan karena mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh seperti zat besi, potassium, magnesium, vitamin B6 dan folat. Kandungan nutrisi yang tinggi pada kurma berkualitas tentunya akan berdampak langsung pada kesehatan. 

Produk kurma yang berkualitas tinggi biasanya tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya atau bahan pengawet sintetis. Lalu, bagaimana trik memilih kurma berkualitas agar nutrisi dari kurma tetap terjaga?

1. Pilih kurma yang permukaannya tidak kering, tidak mengerut, tidak lengket dan tidak keras.
Kurma yang permukaannya tidak kering dan tidak mengerut cenderung lebih segar atau menunjukkan bahwa buahnya masih dalam kondisi baik. Kurma yang lengket bisa jadi menandakan adanya kelebihan gula atau proses pengeringan yang tidak optimal.

2. Pilih kurma dengan warna coklat agak kehitaman.
Kurma yang berwarna coklat agak kehitaman biasanya menunjukkan bahwa buah tersebut telah mencapai tingkat kematangan yang optimal. Kurma yang matang biasanya lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

3. Kurma segar memiliki aroma manis yang khas.
Kurma cenderung memiliki kandungan gula yang tinggi, terutama fruktosa dan glukosa. Saat buah matang, kandungan gula meningkat, yang dapat menyumbang pada aroma manis karena pembentukan senyawa aroma yang berkaitan dengan gula.

4. Pilih kurma dengan kemasan tertutup rapat.
Kemasan yang tertutup rapat dapat membantu mencegah kontak buah dengan udara yang dapat menyebabkan oksidasi. Oksidasi dapat mempengaruhi warna, tekstur, rasa buah dan dapat menyebabkan perubahan kualitas yang tidak diinginkan.

Memilih kurma yang berkualitas sangat penting untuk memastikan kurma yang kita konsumsi memiliki nilai gizi yang tinggi, rasa yang memuaskan dan memberikan manfaat kesehatan yang optimal. Selain itu, penting untuk mengonsumsi kurma dengan bijak dan seimbang. Sebaiknya konsultasikan dengan ahli gizi atau tenaga medis jika kamu memliki kondisi kesehatan tertentu atau memiliki pertanyaan tentang konsumsi kurma selama puasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline