Lihat ke Halaman Asli

Geyonk

TERVERIFIKASI

Warga 62

Tips Fotografi: Menggunakan Cahaya Buatan II

Diperbarui: 16 Februari 2016   07:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Melanjutkan tulisan sebelumnya, tentang cahaya buatan. Jika pada bagian satu (di sini), saya menuliskan langsung dengan contoh dan skema, postingan kali ini agak mundur kebelakang tentang cahaya buatan itu sendiri. Mungkin agak berbau tentang teori dikit, maksudnya agar pondasi yang kita bangun berdasarkan teori ini makin mantap sehingga bisa menciptakan karya yang wow. Seperti kata Bruce Lee, "saya tidak takut terhadap orang yang menguasai seribu jurus, tetapi saya lebih takut kepada orang yang menguasai satu jurus namun dilakukan seribu kali."

Pertama yang perlu diperhatikan adalah white balance, tentu kita semua yang mempunyai kamera digital hari ini sudah pernah membaca white balance ini pada setting kamera kita, tapi sebenarnya apa sih gunanya? White Balance atau disingkat WB ini adalah sebuah perintah pada kamera untuk menyatakan putih pada kondisi pencahayaan yang ada. Pada mata kita yang merupakan kamera super canggih, tentu tidak masalah untuk menyatakan putih pada kondisi pencahayaan apapun, tetapi tidak demikian dengan kamera, kamera perlu diseting untuk menyatakan demikian. Konsep warna putih menjadi bukan sesuatu yang absolut. Kebanyakan kamera digital dapat diatur untuk memilih warna putih sesuai selera kita. Jika kita membiarkan kamera menyeting dirinya sendiri berarti kita menggunakan AWB(auto white balance), kemudian kita bisa memilih WB berdasarkan settingan yang sudah ditentukan pabrik untuk menyatakan putih, seperti Tungsten, daylight, Shade, Fluorescent, Flash, serta Cloudy. Jadi White balace gunanya untuk menyatakan putih dari color temperature sumber cahaya, sehingga tidak terjadi color cast.

Color Temperature/temperatur warna, merupakan kesan yang ditimbulkan oleh sumber cahaya terhadap sebuah obyek ketika cahaya itu mengenai obyek. Ukuran temperatur warna dinyatakan dalam satuan Kelvin ( K ). Darimana mendapatkan temperatur warna ini, dalam ilmu fisika ada cara untuk menghitungnya, Radioator Planck. Dalam fotografi yang lebih ke seni ada cheat sheet-nya jadi kita tidak perlu pusing lagi harus menghitungnya dulu.

        Temperatur Warna             Sumber Cahaya
           1000-2000 K                          Cahaya Lilin
           2500-3500 K                          Lampu Pijar
           3000-4000 K                          Matahari terbit/tenggelam
           4000-5000 K                          Lampu TL
           5000-5500 K                          Speedlight/Flash
           5000-6500 K                          Tengah Hari saat Matahari tepat diatas
           6500-8000 K                          Mendung tipis
           9000-10000 K                        Mendung banget

Makin kecil warna akan timbul kesan hangat, dan makin tinggi nilainya akan menimbulkan kesan dingin.

Color cast, timbulnya warna yang tidak diinginkan yang mempengaruhi keseluruhan gambar akibat salah menggunakan, White Balance setting. Biasanya terjadi disaat kita menggunakan WB manual dalam satu ruangan kemudian berpindah ruangan/keluar ruangan, tanpa mengubah setting pada WB.

Itu beberapa teori dasar yang akan sangat berguna dikemudian hari bila kita konsen pada cahaya buatan dalam fotografi, jangan sampai konsep foto kita hangat tapi kemudian 'bluis', atau konsep kita dingin tapi 'yellow color cast'.

Foto yang 'Hangat'

Lanjut ke konsep foto, seperti pada postingan saya tentang Self Potrait pada foto pertama, saya berdiri pada tepi jendela. Konsepnya adalah saya ingin menampilkan kesan hangat, maka saya membuat sebuah foto bila dilihat akan menampilkan suasana hangat pagi/sore hari.

Ini setupnya, dibalik jendela saya menggunakan satu buah flash dengan tanpa modifikasi alias bareflash , dengan dibalut CTO(color temperature orange) 1/2. Kemudian ini data exifnya ketika foto itu diambil,
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline