Lihat ke Halaman Asli

Mobile BI, Ketika Bisnis Berada dalam Genggaman

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Memantau kinerja karyawan, mengontrol pendapatan perusahaan, menganalisa kondisi pasar, saat ini bukanlah sulit yang harus dikerjakan di kantor dengan bantuan banyak tenaga kerja. Cukup dengan satu mobile device dalam genggaman, seluruh kegiatan manajerial perusahaan pun dapat dijalankan.

Perkembangan teknologi mobile device seperti handphone, smartphone dan Iphone memberikan efek yang besar di berbagai bidang, termasuk di bidang bisnis.Saat ini banyak pelaku bisnis yang melakukan kesepakatan bisnisnya tanpa harus duduk di meja rapat, melainkan cukup dengan melalui telepon di tangannya.

Seiring dengan perkembangan waktu, tidak hanya proses – proses operasional bisni seperti transaksi dan kesepakatan bisnis lain yang dapat dilakukan secara online melalui mobile device. Berbagai proses manajerial seperti monitoring, evaluasi dan controlling pun dapat dilakukan di mana saja melalui peralatan yang mudah dibawa tersebut.

Proses – proses tersebut biasanya didukung dengan adanya kecerdasan bisnis (Business Intelligence atau BI), yang berkembang sejak tahun 90-an. Kecerdasan bisnis merupakan satu istilah yang digunakan untuk menyebut teknik analisa data – data bisnis yang berbasis computer. Dengan adanya kecerdasan bisnis memungkinkan para pelaku bisnis untuk memperoleh informasi historikal, real time, hingga perkiraan kondisi bisnis di waktu mendatang. Salah satu bentuk visualisasi yang popular dalam dunia BI adalah dashboard, yaitu satu tampilan berisi berbagai komponen hasil analisa data seperti pie chart, diagram batang, grafik, hingga tampilan geografis yang biasanya menunjukkan performa suatu wilayah tertentu,

Visualisasi dashboard inilah yang kemudian banyak diaplikasikan di dalam mobile device. Dengan adanya aplikasi BI yang dibangun di dalam mobile device tersebut, para pelaku bisnis seolah memiliki seluruh bagian dari perusahaannya di dalam genggaman. Fasilitas multi touch yang banyak digunakan untuk produk – produk mobile device baru – baru ini menjadi poin penting dalam perkembangan Mobile BI. Karena dengan adanya fasilitas multi touch maupun touch screen ini, interaktivitas dashboard semakin meningkat yang semakin memudahkan pengguna Mobile BI dalam melakukan analisa data. Hanya dengan menyentuh, menggeser, bahkan dengan menggoyangkan mobile devicenya, para pengguna Mobile BI dapat menganalisa data -data bisnisnya dari berbagai sudut pandang berbeda.

Berbagai aplikasi BI untuk mobile device pun telah dikembangkan, seperti aplikasi QlikView untuk Iphone dan Android yang menyediakan fitur GPS-enabled dan real time data. SAP Business Object Mobile, yang merupakan salah satu produk SAP pun memberikan fasilitas analisa bisnis secara melalui mobile device.

Lalu pada dasarnya apa yang dapat diperoleh para pelaku bisnis dengan adanya berbagai aplikasi Mobile BI tersebut? Business agility, atau ketangkasan bisnis merupakan hal pokok yang dapat ditunjukkan dengan penggunaan mobile device sebagai sarana pemantauan bisnis. Mengingat kondisi bisnis yang selalu berubah dan keadaan ekonomi yang tidak statis, maka kemampuan untuk memperoleh informasi di saat yang tepat merupakan tantangan baru bagi para pelaku bisnis.

Oleh karena itu, dengan informasi yang up to date di genggaman tangannya, keputusan – keputusan bisnis dapat dibuat kapanpun dan di manapun bahkan ketika seorang manajer sedang berlibur di tempat yang jauh dari lokasi bisnisnya.

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Business_intelligence (03 Juni 2010)

http://www.dashboardinsight.com/dashboards/product-demos/delivering-on-the-promise-mobile-bi.aspx (01 Juni 2010)

http://www.qlikview.com/us/company/press-room/press-releases/2010/0310-qlikview-for-android (03 Juni 2010)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline