Lihat ke Halaman Asli

Cara Mendapatkan Passive Income untuk Mahasiswa

Diperbarui: 5 Juni 2024   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mendapatkan passive income selama masa kuliah bisa menjadi cara efektif untuk meringankan beban keuangan tanpa mengorbankan banyak waktu belajar. Berikut beberapa cara yang bisa diambil oleh mahasiswa untuk mendapatkan passive income:

1. Investasi Saham dan Reksa Dana

Investasi di pasar saham atau reksa dana bisa menjadi sumber passive income yang menguntungkan. Mahasiswa bisa memulai dengan modal kecil dan belajar tentang analisis pasar serta manajemen risiko. Dividen dari saham dan capital gain dari reksa dana bisa memberikan penghasilan tambahan secara periodik.

2. Menulis Buku atau E-book

Jika memiliki kemampuan menulis, mahasiswa bisa menulis dan menerbitkan buku atau e-book. Platform seperti Amazon Kindle Direct Publishing memungkinkan penulis untuk mendapatkan royalti dari setiap penjualan buku secara terus-menerus.

3. Membuat Blog atau Channel YouTube

Membuat konten yang menarik dan informatif di blog atau YouTube bisa menjadi sumber passive income melalui iklan dan sponsor ship. Konten yang evergreen, seperti tutorial atau review produk, dapat terus menghasilkan pendapatan dari waktu ke waktu.

4. Menyewakan Properti atau Barang

Jika memiliki properti seperti kamar kosong atau apartemen, mahasiswa bisa menyewakannya melalui platform seperti Airbnb. Selain itu, menyewakan barang seperti kamera, peralatan musik, atau kendaraan juga bisa menjadi opsi yang menguntungkan.

5. Afiliasi Marketing

Dengan menjadi afiliator, mahasiswa bisa mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan melalui link afiliasi. Program afiliasi bisa ditemukan di berbagai platform e-commerce seperti Amazon, Tokopedia, atau Shopee.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline