Lihat ke Halaman Asli

Gesang Aditya Ramadhan

Mahasiswa Universitas Pamulang

Zayyan "XODIAC" Mengaku Bahasa Korea Lebih Sulit

Diperbarui: 3 Juli 2023   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: KBS World Indonesia

Muhammad Rifki Fahri Zayyan atau biasa dipanggil Zayyan, merupakan Idol Kpop yang berasal dari Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia. Sosok Zayyan sendiri menambah jajaran idol K-pop yang berasal dari Indonesia. Pasalnya, ia berhasil debut bersama XODIAC, yaitu boygroup asal Korea Selatan. Zayyan juga menjadi idol pertama asal indonesia yang beragama muslim. XODIAC merupakan grup yang berdiri diatas naungan agensi One Cool Jacso (OCJ) yang beranggotakan sembilan orang. Keenam membernya berasal dari Korea Selatan, yaitu Lex, Hyunsik, Beomsoo, Wain, Gyumin, dan Dayin. Sedangkan dua member lainnya yang bernama Sing dan Leo berasal dari Hongkong. Terakhir ada Zayyan, satu-satunya member asal Indonesia.

Perjalanan Debut Zayyan bermula saat dirinya mendapatkan direct message dari One Cool Jasco Entertainment, yang berisikan tawaran untuk persiapan Debut boyband baru. Seperti yang diketahui, sebelum memulai debut menjadi idol K-Pop Zayyan memang sudah berkecimpung di industri musik dan sering meng-cover lagu-lagu yang kemudian diunggah oleh dirinya di kanal YouTube miliknya. Dia juga aktif membuat konten di Instagram dan kerap menyertakan hashtag tertentu yang berkaitan dengan menari, menyanyi, dan tentu saja K-Pop. Menurut penuturannya, kemungkinan dari sanalah akhirnya agensi One Cool Jacso menemukan dirinya. "Karena kan aku taruh hashtag gitu di Instagram, dan itu kadang-kadang dari agensi suka lihat-lihat dari hashtag itu," kata Zayyan.

Selain itu, Zayyan juga menceritakan bahwa sebelum debut dengan XODIAC, dia sempat mengikuti SM Global Audition pada tahun 2017. Namun karena tidak berhasil lolos, Zayyan akhirnya mencoba mengikuti ajang lain termasuk Indonesian Idol musim ke-10 pada tahun 2019. Sayangnya dia gugur pada babak eliminasi 3 dan kembali gagal debut. Tidak patah semangat setelah menerima banyak kegagalan, dirinya justru malah semakin merasa tertantang hingga akhirnya dia memutuskan untuk fokus berlatih selama sekitar lima tahun. Berkat usaha dan kesabarannya itu akhirnya Zayyan mendapat kesempatan debut bersama XODIAC pada 25 April 2023 lalu.

Perjalanan karir Zayyan tidak lepas dari kerja keras dalam bidang tarik suara dan tari, yang merupakan unsur utama dalam industri K-Pop. Sebagai anggota non-Korean, tentu ia harus fasih dalam berbahasa Korea, mengingat lagu yang ia bawakan masih memiliki lirik berbahasa Korea dan juga sebagai sarana komunikasi dengan anggota lain dan para penggemar di Korea Selatan.

Sumber: KBS World Indonesia

Dalam sebuah wawancara di Radio KBS World Indonesia juga, Zayyan mengatakan bahwa dirinya mulai belajar bahasa Korea Sejak masih Trainee (Peserta Pelatihan Sebelum Tampil di Televisi), namun ia tidak sungguh -- sungguh mempelajari bahasa Korea. Dalam beberapa kesempatan, dia terlihat fasih saat memperkenalkan diri dalam bahasa Korea. Beberapa perbedaan budaya pun dirasakan oleh Zayyan saat pertama kali datang ke Korea, salah satunya adalah Penghalang bahasa, dalam wawancara tersebut dia juga mengatakan bahwa Bahasa Korea itu agak sulit baginya, dan komunikasi terhadap member lain juga susah. Namun zayyan merasa senang karena ada beberapa member seperti Sing dan Leo yang bisa berbahasa inggris dan ini merupakan jembatan penghubung antara zayyan dan member lain dalam berkomunikasi.

Pada 2022, Bahasa Korea adalah bahasa ketujuh yang paling banyak dipelajari di aplikasi pembelajaran Duolingo. Dan itu juga paling banyak dipelajari di beberapa bagian Asia Selatan dan Tenggara, seperti di Filipina paling banyak orang mempelajari Bahasa Korea, lalu juga di Thailand, Indonesia, dan Pakistan. Meskipun Bahasa Mandarin tetap menjadi bahasa kedua yang paling banyak digunakan di dunia yang sebagian besarnya berkat populasi Cina, Bahasa Mandarin menduduki posisi kedelapan di Duolingo untuk beberapa tahun terakhir, tertinggal di bawah Bahasa Korea.

Bahasa Korea adalah bahasa Asia kedua yang paling banyak dipelajari di Duolingo, hanya sedikit di belakang Bahasa Jepang. Duolingo yang memiliki lebih dari 500 juta pengguna internasional, dan Bahasa Korea mengungguli Cina, Rusia, Hindi, dan Italia. Sementara Bahasa Inggris dan Spanyol masih duduk dengan nyaman di dua tempat teratas.

Seperti yang dilansir oleh CNN, selama beberapa dekade, studi bahasa Asia Timur di luar negeri sebagian besar terbatas pada Mandarin dan Jepang. Tapi itu mulai berubah dalam dekade terakhir setelah hits besar artis dan sutradara Korea, seperti lagu Psy tahun 2012 "Gangnam Style", film thriller tahun 2019 Parasite, acara Netflix tahun 2021 "Squid Game", dan kemunculan BTS yang tidak diragukan lagi telah menjadi bintang global K-pop terbesar.

Angka menunjukkan lonjakan minat terhadap bahasa pada periode yang sama. Jumlah siswa yang terdaftar di kelas Bahasa Korea di lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat melonjak dari 5.211 pada 2002 menjadi hampir 14.000 pada 2016. Lompatan ini sangat mencolok mengingat bahasa Korea tidak mudah dipelajari oleh penutur asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline