Lihat ke Halaman Asli

Humas Lapas

Staff Humas Lapas Pemuda kelas IIA Madiun

Lakukan "Share Feeling", Petugas Ajak Warga Binaan Pandang Masalah dari Sisi Positif

Diperbarui: 10 Februari 2023   14:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

MADIUN -- Petugas Lapas Pemuda Kelas IIA Madiun mengajak para warga binaan rehabilitasi untuk membagikan perasaan atau "Share Feeling" dengan sesamanya. Dengan cara menceritakan kembali pengalaman yang dialami entah baik atau buruk yang menjadi titik balik kehidupan pribadinya.

Dokpri

JFT Psikolog Lapas Pemuda Madiun, Maharddika Intan Rahmawati menjelaskan tujuan membagikan perasaan ini adalah agar warga binaan mampu mengekspresikan atau mengeluarkan emosi yang dimiliki dan juga untuk dapat menjadi pelajaran berharga bagi warga binaan lainnya.


"Mungkin yang diceritakan pengalaman-pengalaman traumatik. Jadi istilahnya butuh "dikeluarkan", karena kalau terus disimpan gak bagus. Selain itu pengalaman yang diceritakan bisa jadi pelajaran untuk yang lain," ucapnya di Klinik Bimkemaswat, Jumat(10/2/2023).

Bukan hanya sebagai pendengar. Petugas menanggapi curhatan warga binaan rehabilitasi tersebut dengan cara yang positif. Yakni dengan meyakinkan mereka bahwa keluarga sedang menunggu mereka bebas dan menjadi orang yang lebih baik dibandingkan sebelumnya.

"Petugas akan kasih penguatan. Artinya kita akan ajak mereka melihat permasalahan dari sudut pandang yang positif agar menjadi kekuatan untuk mereka," tambahnya.

Dokpri

Dika juga menjelaskan bahwa tidak semua warga binaan rehabilitasi mau menceritakan pengalaman mereka. Terdapat juga beberapa yang berpikir bahwa cerita pengalamannya hanya akan menjadi bahan lelucon jika diceritakan.


"Gak semuanya. Ada juga yang malu untuk share feeling. Mungkin merasa 'nanti kalau aku cerita pasti dicemooh'. Ada yang berpikiran seperti itu, dan kita tidak bisa memaksa," pungkas Dika.

Dalam kegiatan tersebut, Lapas Pemuda Madiun menggandeng Yayasan Rehabilitasi dan Konseling "Rasha". (Humas Lapas Pemuda Madiun)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline