Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan KKN Online Mahasiswa UPI SDN 135 Turangga

Diperbarui: 10 Oktober 2021   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan KKN Online Mahasiswa UPI Di SDN 135 Turangga

Mulai dari 26 September 2021 Universitas Pendidikan Indonesia melakukan KKN online Gelombang 2, Seluruh mahasiswa yang melakukan KKN ini merupakan mahasiswa angkatan 2018. KKN Online ini memiliki tema yaitu "Kuliah Kerja Nyata Tematik Literasi Dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka- Pusat Prestasi Nasional"

Namun Adanya Pandemi covid -- 19 ini yang sudah  melanda hampir 2 tahun yang membuat kegiatan KKN ini dilakukan secara online yang bertujuan untuk mengurangi penularan Covid -- 19 ini . Banyak sekali efek luar biasa yang disebabkan oleh pandemi ini yang membuat mahasiswa harus melakukan KKN ini disekolah maupun pada UMKM secara online . Efek yang dirasakan salah satunya yaitu kegiatan Pembelajaran . Kegiatan pembelajaran pun harus dilakukan secara online dirumah untuk menghindari terjadinya penularan virus antara murid & guru . Bahkan wacana untuk sekolah tatap muka pada tahun ajaran 2021/2022 harus dibatalkan karena adanya peningkatan kasus masyarakat yang terinfeksi virus covid -- 19 . Banyak sekali anak -- anak yang kecewa mengenai pembatalan ini namun pemerintah tidak ingin mengambil resiko , mereka berharap bisa bertemu teman -- teman disekolah karena sudah lama sekali tidak bertemu , berkomunikasi pun hanya dilakukan melalui media sosial . Hasil Survey yang saya dapatkan dari murid SDN 135 Turangga terdapat banyak siswa yang merasa jenuh dengan tugas yang diberikan karena semangat belajar berkurang sebab pembelajaran dilakukan dirumah masing masing. Banyak juga siswa yang sering telat mengumpulkan tugas karena banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga pengiriman tugas sering kali terlambat.

Guru pun mulai kelelahan untuk menyampaikan pembelajaran seperti apa karena tidak semua siswa memiliki handphone atau laptop yang baik bahkan ada juga yang tidak memiliki handphone untuk pembelajaran daring . Bahkan Guru dilatih untuk menjadi kreatif agar pembelajaran yang mereka buat terlihat menarik dan mudah dipahami . Karena media pembelajaran yang menarik serta mudah dipahami akan mempermudah siswa selama pembelajaran online berlangsung dirumah . Konten yang dibuat pun harus menarik minat belajar para siswa untuk keberlangsungan pembelajaran di sekolah. Guru pun merasa terbantu adanya kegiatan KKN yang dilaukan disekolah SDN 135 Turangga mereka merasa terbantu sekali karena mahasiswa membuatkan video pembelajaran yang menarik , serta mahasiswa membantu administrasi guru seperti membuatkan tugas dan memeriksa tugas .Pembelajaran dilakukan pada Tanggal 19 Juli saya dan teman -- teman mahasiswa lainnya pun memiliki tugas untuk mendampingin siswa yang kesulitan dalam melaksanakan tugasnya pendampingan ini pun dilakukan di Group Whatsapp namun untuk pendampingan lebih na dilakukan di Personal chat langsung kepada saya. Pada saat kegiatan MPLS pun mahasiswa UPI diberika tugas untuk membuat video pengenalan sekolah yang akan diberikan kepada murid baru . Kegiatan MPLS pun berjalan lancar seluruh siswa memperkenalkan diri melalui video . Sangat disayangkan memang selama Pembelajaran Jarak Jauh ini siswa tidak bisa bermain belajar bersama teman -- temannya .Semoga Pandemi segera berakhir agar kegiatan Pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka

Referensi :

Teni Nurrita (2018 ) Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Andri Anugrahana ( 2020 ) Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline