Oleh : Gerry Aji Widi Pramana & Endy Gunanto Marsasi
Menumpuknya sampah rumah tangga yang banyak dikeluhkan oleh hampir seluruh orang ternyata dapat menjadi mission impossible bagi lingkungan hidup dan manfaat ekonomi. Waste4change, perusahaan social terbesar di Indonesia, menunjukan bahwa ide yang berpusat pada pemborosan tidak saja dapat menterekan jumlah kerja dan solusi dari "problem" sampah, akan tetapi juga menemukan jawaban terhadap aneka masalah lingkungan. Jadi, Waste4Change bukan saja merupakan perusahaam penangan sampah tapi pembalik ekosistem dengan pankiran dan strategi yang jelas. Akibatnya, pendapat Indonesia yang hold-up terhadap krisis global yaitu sampahlah yang mewujut dan Waste4Change merupakan inovator serta perintis besar dengan mission: merubah sikap Indonesia yang merupakan produser sampah tertinggi di dunia. Dari esai, ini saya akan memotong refleksi yang luas atas strategi dan inovasi dari Waste4Change yang teriak dengan dengan teory teory dari lecture 11-15. Kami akan membahas bagaimana approach tentang kemiskinan, technology, dan kerjasama dapat membuath originative ke lingkungan. Soccer on the go bikinapp.
When global crisis becomes global opportunity
Berdasarkan data yang saya dapat pada tahun 2019, Indonesia merupakan negara ke 2 dunia produksi sampah plastik terbesar setelah Cina. Indonesia menghasilkan sampah plastik lebih dari 64 juta tiap tahunnya, tetapi yang dapat diturunkan hanya sekitar 7 persen. Akibatnya, perusahaan mencari solusi atas problem tersebut dan menciptakan sebuah perusahaan yang memiliki jiwa inisiatif dan menggunakan strategi based-on-technology yaitu Waste4Change. Company Profile MMA Apps Waste4 Change
Waste4Change merupakan sosial company yang concern pada sampah management dan samasaya. Waste4Change didirikan pada tahun 2014 oleh Muhammad Bijaksana Junerosano yang kini direktur di rugi. Waste4Change adalah sebuah perusahaan yang berlokaai di Kota Bandung, yang menawarkan solusi layanan kepada masyarakat maupun perusahaan. Tujuan perusahaan adalah agar sampah -- sampahnya tidak menunjukan ke TPA Semarapura.
* Visi, "Indonesia Bebas Sampah"
* Misi, mendidik, melibatkan pemangku kepentingan dan memberikan solusi pengeloaan sampah yang bertanggung jawab
Waste4Change menjunjung tinggi keyakinan bahwa sampah adalah sumber daya. Prinsip ini sejalan dengan teori Slide 15 (Bab 12). Dibangun berdasarkan keinginan untuk memenuhi kebutuhan yang lebih luas di pasar yang semakin besar sehingga ekosistem inovasi dapat diciptakan berdasarkan keinginan tersebut.
Studi Kasus: Waste4Change dalam Mengejar Inovasi pada Pengelolaan Sampah
Slide 19 (Bab 13) Membahas tentang strategi yang dimiliki perusahaan dalam menciptakan model bisnis baru untuk peluang pasar yang disebut Corporate Venturing. Waste4Change Memanfaatkan Ide Ini dengan Rangkaian Layanan