Lihat ke Halaman Asli

Optimum Cost of Doing PDKT

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Helloo boys, girls and GAYS over there, yes the last one refers  to you the one who uses ‘C’ hat over your head.

Oke kali ini gw mau bahas mengenai titik biaya optimum dalam pendekatan terhadap calon mantan eks gebetan kalian. Banyak diantara temen gw terlalu fokus sama berapa lama pendekatan itu harus dilakukan. NAH !! disinilah letak kesalahan mereka. Sebagai seorang ekonom gw selalu berusaha untuk melihat segala sesuatu dari biaya dulu. Sama halnya seperti dengan pendekatan.

Nih buat lo yang masi aja fokus ama berapa lama waktu pendekatan yang ideal, lo kudu tahu satu hal berikut : now here i come again with one wise statement “ADA KATA PENDEK DAN DEKAT DALAM KATA PENDEKATAN”. So orang yang menciptakan kalimat ini udah jelas maksud dan tujuannya adalah agar lo jangan lama-lama dan kalo bisa dalam waktu dekat bisa jadi cowo/cewe gw. So lets cut it off.

Nah sekarang mari kita bahas biaya dalam pendekatan. Dalam masa pendekatan gw coba membagi kedalam 3 fase. Dalam setiap fase ini lo kudu tau signal dan arah pendekatan ini akan dibawa kemana. Ke kosan lo, ke kamar lo, ke tempat tidur lo atau ke kamar mandi lo (lagi2 nyabun doank), becanda men !!!

3 fase dalam pendekatan tersebut adalah : Fase Kenalan, Fase Tahu dan Mengerti, Fase Finalisasi. Pada ketiga fase ini biaya paling mahal akan timbul saat fase tahu dan mengerti. Oke mari kita bahas masing2 fasenya dan biaya optimum yang harus lo keluarin untuk setiap fase.

Fase Kenalan

Pada fase ini lo cukup liat cewe/cowo mana yang lo mau gebet. Setelah menentukan pilihan lo bisa pilih cara berkenalan dengan cara di bawah ini :

1.Lewat temen maen : oke buat ini lo gak akan keluar biaya apa-apa kecuali caci maki hinaan dan ceng2an dari temen2 lo, karena teknik atau modus lo ketauan (beentheredonethat)

2.Lewat social media : untuk yang ini lo bisa add dia atau sekedar message. Tingkat probabilitas dan likelyhood lo bakal di accept akan kecil jika muka lo pas2an kayak temen gw si sumitro (please see attachment page 5). So sebenernya gw ga nyaranin cara ini sih, gak elegan dan sangat SMP Negeri sekali caranya. Even menurut gw lo bisa minimize cost lo ampe zero (pake inet kantor etc)

3.LO KENALAN DENGAN GENTLE : yang ini gw paling saranin banget. Lo datengin gebetan lo, kenalin diri lo, shake her/his hand firmly dan mulailah tawarkan produk asuransi yang Anda bawa, DAMN !! Okeh lo cukup sampe kenalin diri lo aja ya, tahapan shake and so forth itu khusus untuk pegawai MLM aja. Cara ini sangat efisien menurunkan cost lo dan meningkatkan harga diri lo, ibarat kata beli satu dapet dua. Lo akan terlihat sangat menarik ketika lo percaya diri. Inget men ganteng cantik tinggi pendek itu nomor 6, 1-5 tetep PANCASILA * Hidup Endonesaaaah*

Pada Fase kenalan tujuan utamanya adalah TAHU SIAPA NAMANYA (Please kalo lo niat ngegebet orang paling ga lo tau namanya jangan sampe lo udah terlalu jauh taunya yang lo gebet namanya AGUS (buat yang cowo)). Jalan ama siapa lo Ger ? bedua ama AGUS...njir langsung ilfil gw.

Coba aja lo bayangin kalo pas lo kenalan lo cuman inget dia pernah SD dimana.  Mamam aja tuh info sampah ga guna, kalo selama kenalan lo cuman dapet info sebatas dia pernah SD dimana, ini pertanda kalo lo lebih cocok jadi guru SD’nya daripada jadi pacarnya.  Ini contoh fail conversation saat lo kenalan sehingga lo berhenti hanya pada saat fase 1.

L : LO, G : Gebetan

L: hei kayak pernah kenal deh..

G : masak sih, siapa ya ?

L: Lo anak SD Cicaheum 215 yang deket pinggir kali itu kan ? à (seharusnya saat ini lo kudu mention nama lo dan mulai tawarkan produk asuransi yang lo bawa, DAMN kenapa asuransi lagi, oke that’s a little bit too much)

G : oiya (sambil jalan menjauh).

Teknik perkenalan yang lo pakai definitely 10000% fail.

Nah berdarsarkan analisa di atas maka biaya optimum dalam fase ini adalah dengan menggunakan cara nomor 3 dimana total biaya adalah 0 dan mampu meningkatkan harga diri lo di depan gebetan. Paling ga harga diri lo bisa naik seiring naiknya harga BBM. Tapi beneran sumpah mendingan harga BBM naik daripada BBM yang tak kunjung dibalas *OMG*.

Fase Tahu dan Mengerti

Nah sekarang lo dah kenal dengan calon mantan eks gebetan lo, paling ga lo udah tau namanya (the most important thing waktu lo kenalan). Oke ini saatnya lo beraksi dengan segala kepribadian yang lo punya (mobil pribadi, kartu kredit pribadi, anjir jayus amat ya gw ngehe lah).

Gw kudu and kudu ngasi tau lo, kalo fase ini adalah fase paling kritis dalam tahapan PDKT lo. Kalo lo berhasil dengan baik melewati fase ini, gw jamin 100% lo pasti diterima dengan baik di rumahnya untuk sekedar minum teh manis hangat bersama ayahnya di teras belakang rumah pada saat sore hari, inget kudu sore ya. Kenapa sore ? karena sore itu gak panas, dan inget lo kira bokapnya ga kerja, ya kerjalah maka dia akan di rumah pas sore hari. Trus ya kalo pas sore lo kan bisa nikmatin sunset bedua gt ama bokapnya à salah fokus.

Back to our topic, pada fase ini menurut gw ada 3 hal yang paling ngga lo kudu lakuin yaitu : ngajak doi nonton, ngajak doi makan, dan terakhir lo ajak doi buat kumpul sama temen2 lo. Kalo doi mau diajak untuk melakukan ketiga hal di atas, gw yakin doi udah ada rasa ama lo.

Oke mari kita bahas kegiatan pertama NGAJAK NONTON. Pada fase ini lo bisa mengandalkan special ocassion seperti NOMAT yang biasanya berlaku pada hari Senin di beberapa bioskop lokal. Kenapa sih kudu nonton ? dengan nonton lo bisa banyak tau kebiasaan dia, tanpa lo harus tanya. Mau bukti ??  Here is the exmaple :

a.Kalo pas nonton doi suka dibeliin pop corn sama coke atau minuman apapun à tandanya doi seorang kapiten mempunyai pedang panjang hap hap hap (anjiiir kenapa gw jadi nyanyi). Maksud gw adalah orang yang suka nonton dengan pop corn dan coke adalah orang yang nyantai dan doi ga begitu fokus. Kalo doi emang niat nonton dia ga bakalan beli pop corn, dia bakalan beli tiket buat nonton percuma aja beli pop cornnya tapi ga nonton à ambiigu bin absurd. Tapi ini penting ketika lo beliin pop corn dan doi seneng artinya lo bisa masukin obat bius ke pop cornnya dan tarararap kebesokannya gw yakin doi pasti jadian ama lo, NAH LHO !!

b.Kalo pas nonton doi gak mau dibeliin apapun itu tandanya doi emang ga niat nonton. Hari gini lo nonton doank tanpa ngapa2in ?? plis deh, mending lo beli dvd aja nonton di rumah. Nah tipe gebetan yang kayak gini adalah tipe pemalu. Lo kudu punya esktra usaha buat dapetin yang kayak gini.

c.Kalo pas nonton doi malah nyaranin melakukan hal lain. Nah ini depend om, kalo hal lain ini dilakukan di kosannya atau dirumahnya, lo ga usah sok belagak analisa kepinteran, langsung bilang iya, oke gw otw ke t4 lo. IT’S A SIGN BRO !! Tapi kalo ternyata kegiatan itu dilakukan di tempat berbeda, let’s say doi ngajak liat pemandangan etc maka tipe jenis ini bisa gw bilang adalah tipe pemberontak. Belon jadi pacar aja udah sok gak nurut apalagi ntar jadi pacar, lo kudu hati-hati dengan tipe gebetan kayak gini. Biasanya gebetan tipe ini adalah penggalang masa sewaktu kuliah dulu. Lo ketauan flirting dikit bisa-bisa digantung di depan DPR lo.

Yang kedua adalah NGAJAK MAKAN. Ini penting sob, dengan ngajak makan lo bisa tahu lebih dalam tentang dia. Contoh kalo lo cowo maka lo ngajak gebetan lo yang cw, kecuali yang gay ya please ignore, maka saran gw adalah lo ngajak makan gebetan lo di tempat yang lesehan. Tujuan tak lain tak bukan adalah melihat kedalamannya di dalamnya (if u know what i mean). Becanda sob...

Oke ini gw ada beberapa referensi tempat makan yang sabi dan saik untuk dijadiin tempat makan bareng gebetan :

1.Pepenero di kuningan à suasana khas italia, makanan mantep, harga oke, dan lo bakalan dapet coklat tapi dikasi alkohol dan daun pahit gitu gw lupa apa namanya, which is bertujuan untuk buat gebetan lo mabuk dan lo bebas buat ngapain aja hahahaha. Oke skip that part. Tempatnya remang2 dan romantis (kalo malem cuman pake lilin sob, ajib).

2.Lucy in the sky  letaknya di SCBD deket beer garden, kalo dari PP lo lurus aja terus belah kanan. Tempatnya keren abis, lo makan ditemani ama lampu2 gedung jakarta. Pokonya keren. Gw jamin kalo lo nembak gebetan di sini , doi pasti nyerah dan bakalan bilang yes, daripada doi bayar sendiri makanannya soalnya termasuk mahal sih hahaha.

3.Sky dining lo pasti tau plaza semanggi kan, nah ini letaknya di situ. Gak terlalu recommended sih kecuali lo makannya pas malem. Tapi overall lo bisa liat pemandangan Jakarta dari atas dan kalo lo ditolak it’s the best way to finish ur life by looking a little bit closer of Jakarta’s road, please deh masak ditolak aja sampe segitunya.

4.Convivium letaknya di panglima polim. Ini yang paling gw recommend. Makanannya enak harga terjangkau dan pasti lo ga sia-sia even lo ditolak soalnya rainbow cake ama red valvet’nya asli sumpah enak banget. Tapi inget lo ke sini kudu cepetan kalo ga lo bisa-bisa ngantri meeen.

Nah ini yang terakhir NGAJAK DOI KUMPUL BARENG AMA TEMEN-TEMEN LO. Ini langkah penentu, kalo doi mau untuk masuk ke lingkungan lo berarti doi udah merasa nyaman. Inget lo bakalan suka dengan hal yang buat lo nyaman. Sama orang juga gitu, kalo doi dah nyaman ama lo, gw yakin ini sih cuman formalitas nembak aja. LO PASTI DITERIMA. Ajang ini juga sebagai langkah indikasi kalo lo serius ama doi. Menurut temen gw yang cw tulen, kalo cw diajak ama gebetannya untuk ketemu ama temen2nya itu tandanya tuh cowo serius. Nah catet tuh !!

Pada fase ini total biaya yang lo keluarin :

a.Ngajak nonton bedua (asumsi pake pop corn dan kroni2nya) : 200 ribu

b.Ngajak makan (asumsi di salah satu tempat yang gw saranin) : 300 ribu

c.Ngajak ketemuan ama temen2 lo : 50 ribu (bayarin minum aja, suruh makan di rumah. DUNIA INI KEJAM MEN)

Total biaya 550 rebu.

Fase Finalisasi

Sekarang kita masuk fase terakhir yaitu FINALISASI. Ini adalah saat dimana lo kudu nembak gebetan lo. Ga enak kan kalo lo friendzone molo atau PHP terus. Ini hal yang lo kudu inget lo pasti diterima, pasti dan pasti kalo kedua fase sebelumnya lo dapat jalankan tanpa hambatan berarti.

Pada saat penembakan ada hal-hal yang perlu lo ketahui :

1.Jangan nembak dengan dateng malem2 ke kosan atau rumahnya dan teriak2 kalo lo suka ama dia. Gw pernah ngelakuin ini dan hasilnya gw dibawa ke polsek terdekat dikira abis mabok2an. Belum nembak udah diciduk sedih kan lo.

2.Jangan nembah sok ala ‘Katakan Cintamu’. Plis men kalo lo ditolak sakitnya kemane2. Cukup hasilnya lo ama gebetan lo aja yang tau.

3.Jangan sekali-kali nembak dengan kalimat sok-sok puitis. Men kalo doi emang suka, lo ga perlu puitis doi juga ngerti. Malah kalo lo pake kata2 sok puitis ntar dia bisa salah artiin kan gawat. Contoh : Kau adalah bunga tidur ku à maksudnya doi hadir di mimpi lo, gebetan lo nganggepnya anjir belon jadi pacar aja diajak tidur gimana kalo jadi pacar. ZONK.

4.Jangan sekali-kali nembak tapi mata lo kemana2. Lo mau nembak apa minta ditampar sob ??

Kalo lo ga ngelakuin 4 hal diatas gw yakin penembakan lo bakal berjalan mulus. Total biaya untuk fase ini kira-kira 100 rebu dengan asumsi lo bawa coklat ama bunga aja itu cukup.

Nah total biaya optimum versi gw adalah 650 rebu doank. Yah segitulah harga PDKT yang lo harus bayar. Inget dengan harga ini lo ga bakalan rugi2 amat kalo ditolak, at least dengan harga ini lo mampu PDKT dengan lebih dari 1 orang. Inget dependency theory sob, jangan sampe lo cuman tergantung sama satu orang.

Oke that’s it dulu deh. Lo coba praktekin. Kalo lo gagal itu berarti lo ga dengan benar ngejalanin yang gw suruh dari awal.

Best Regards,

Gerginto -> biar kayak email kantoran *penting*




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline