Lihat ke Halaman Asli

Gerbang News

Jujur - Lugas - Transparan

Sapulidi Pengikat Kebhinekaan

Diperbarui: 24 Maret 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sapulidi memiliki filosofi, bahwa tidak akan terjadi suatu perubahan besar jika hanya dilakukan oleh seseorang, walaupun orang tersebut sangat hebat.

Manusia sebagai makhluk sosial diharuskan bekerja bersama-sama agar dapat mewujudkan keinginan bersama dalam membuat suatu perubahan yang besar.

Mengutip dari isi pidato Presiden Soekarno pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 1963, bahwa ratusan lidi akan tercerai berai, tidak berguna, dan mudah patah jika tidak diikat.

Namun, jika lidi-lidi tersebut disatukan dan diikat, maka tak akan ada yang mampu mematahkannya. Demikian pula rakyat Indonesia, yang harus menjaga persatuan dan kesatuannya.

"Apalah artinya pembangunan yang masif jika masyarakatnya terpecah belah. Berbagai upaya pemerintah untuk melakukan pembangunan sesungguhnya akan sia-sia tanpa ada rasa memiliki yang tercipta dari semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyatnya".

"Oleh sebab itu, saya ingin menyerukan kembali betapa pentingnya menghadirkan kembali semangat nasionalisme dalam diri kita untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita the founding fathers".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline