Lihat ke Halaman Asli

PPSDM Geominerba

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara

Perlunya Pelatihan bagi Pemandu Geowisata untuk Kemajuan Wisata Indonesia

Diperbarui: 19 Agustus 2021   22:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebagai Negara yang memiliki keragaman geologi yang berpadu dengan keragaman budaya dan keanekaragaman hayatinya, Indonesia menjadi potensi besar bagi perkembangan geowisata.

Potensi ini membuat berkembangnya geopark di Indonesia, bahkan beberapa ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Hal ini mendorong pengembangan geowisata yang lebih luas, tidak hanya di kawasan yang sudah ditetapkan sebagai Geopark.

Untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, khususnya dalam memberikan kepemanduan geowisata, dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional dan memiliki kualifikasi tertentu agar dapat meningkatkan kualitas daya tarik dalam pelayanan geowisata.

Sebagai duta Indonesia, seorang pemandu geowisata perlu dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan, serta sikap kerja agar standar kualifikasi dapat tercapai.

PPSDM Geominerba sebagai lembaga diklat pemerintahan yang bertugas mengembangkan kompetensi sumber daya  manusia sektor geologi, mineral, dan batubara kembali bekali para masyarakat dengan pendidikan dan pelatihan.

Sebanyak 20 orang peserta yang terpilih mengikuti diklat yang berlangsung secara online selama empat hari (16-20 Agustus 2021).

Materi yang akan diberikan selama pelatihan diantaranya: Kepariwisataan dan Geowisata, Keragaman Bumi Indonesia, Interpretasi Objek Geowisata, Persiapan Perjalanan dan Pelaksanaan Pemanduan Geowisata, Pelaporan dan Promosi Pemanduan Geowisata, dan Fotografi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline