Lihat ke Halaman Asli

Gen Toleran

Gen Toleran

Secreto, Sebuah Situs Hits yang Sering Disalahgunakan

Diperbarui: 5 April 2022   15:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by apkcombo.com 

Mirip dengan Sarahah dan ask.fm, Secreto merupakan situs yang menyediakan kolom pertanyaan dari orang-orang, namun ditampilkan secara anonim alias identitas rahasia. Cukup dengan membuka link atau tautan yang dibagikan si pemilik akun, siapapun bisa langsung mengakses dan memberikan pertanyaan tanpa diketahui identitasnya. 

Ini merupakan sebuah temuan yang positif dimana orang-orang bisa menyampaikan unek-unek mereka secara bebas dan juga menjadi sebuah platform untuk tes kejujuran diri setiap orang.

Namun sayangnya, fitur anonim inilah yang menjadi sasaran empuk bagi sebagian orang tidak bertanggung jawab untuk mengirimkan ujaran kebencian (hate speech) dalam bentuk cyber bullying (perundungan dunia maya). 

Para pengirim di Secreto secara terang-terangan meluapkan kebencian mereka tentang ranah pribadi si pemilik akun, seperti pekerjaan, karir, keluarga, atau pencapaian. Dalam jurnal berjudul "Perundungan Maya (Cyber Bullying) Pada Remaja Awal" tahun 2012 menemukan 72% korban perundungan menyampaikan bahwa mereka mengalami perundungan dari pelaku dengan identitas anonim.

Secreto memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam berkomentar tanpa memperhatikan etika. Situs ini seharusnya digunakan sebagai ajang meningkatkan hubungan pertemanan, mengetahui kelemahan diri, dan menerima kejujuran dari orang-orang di sekitar, yang dikemas dengan kerahasiaan.

Writer: Michael Lo, Santiya Sabrina
Editor: Ribka Theresia




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline