Lihat ke Halaman Asli

Kidung Gentar Parodi

Karyawan Swasta

Daftar Startup Pertanian & Perikanan di Indonesia

Diperbarui: 11 Februari 2021   10:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Daftar Startup Pertanian dan Perikanan Indonesia 2021

Startup pertanian dan perikanan mulai menggeliat, sebelumnya, mungkin banyak yang enggan untuk berfikir keras mengembangkan sebuah perusahaan rintisan berbasis internet dengan segala kecanggihan dan teknologi terapan, kini, justru agak terlihat seksi mengingat situasi pandemi yang 'tiba-tiba' banyak orang kembali merangkul alam dengan bercocok tanam atau memelihara ikan.

Gandrung soal tanaman, sebelumnya olahraga mengayuh sepeda, kemudian ada juga masak-masakan, hingga saat ini kemunculan startup yang mulai mengpakkan sayap di dunia pertanian dan perikanan.

Berikut adalah daftar startup yang berkutat di dunia pertanian dan perikanan di Indonesia menurut catatan agrozine.id;

  1. Startup Crowde
  2. Startup eFishery
  3. Startup Kecipir
  4. Startup Eden Farm
  5. Startup Jala Tech
  6. Startup Bepahkupi
  7. Startup Banoo
  8. Startup KolamKita
  9. Startup Inagri
  10. Startup Vestifarm
  11. Startup Aruna
  12. Startup Venambak
  13. Startup Angon
  14. Startup Growpal
  15. Startup Connecterra Digitasi
  16. Startup Tanihub
  17. Startup Habibi Garden
  18. Startup Sikumis.com
  19. Startup Panen.id
  20. Startup RealmFive
  21. Startup iGrow
  22. Startup Sayurbox

Tercatat kurang lebih 22 startup yang telah muncul di Indonesia, dan seluruhnya hingga saat ini masih menggeliat dengan segmentasi seputar pertanian, peternakan, hingga perikanan.

Alasan kemunculan perusahaan rintisan ini tentu dilandasi dengan ceruk bisnis yang masih terbuka lebar di segmen ini, alhasil, kemunculan startup tak bisa dihindari. Di negara tetangga seperti Singapura, keberadaan startup yang menggawangi sektor agritech ini sudah lebih dulu hadir. Begitu juga dengan Tiongkok serta negara-negara maju seperti di eropa.

Teknologi dan kemudahan untuk setiap orang bisa melakukan budidaya serta bercocok tanam adalah hal dasar yang dimiliki para startup ini. Termasuk pendanaan untuk para petani atau ketersediaan pupuk dan lahan untuk dijadikan sebagai tempat bercocok tanam.

Sejumlah investor menilai peluang startup sektor pertanian dan perikanan (agritech) untuk tumbuh sangat besar. Jumlah pemain dan adopsi teknologi di bidang ini pun diramal masif, terlebih saat pandemi corona.

Founding Partner AC Ventures Pandu Sjahrir mengungkapkan bahwa di Indonesia memiliki dua tren yang cukup menarik di sektor agritech. Tren pertama adalah, banyaknya lulusan universitas terbaik di luar negeri yang masuk ke bidang ini. Kemudian tren kedua adalah, adopsi teknologi di sektor perikanan Indonesia mulai masif.

“Suatu hari nanti, Anda akan tahu ikan yang disantap saat makan malam berasal dari nelayan mana. Sejarah kepuasan pelanggan ini bakal menjadi insentif bagi nelayan atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk konsisten menjual produk,” kata Pandu menanggapi soal keberadaan kurang lebih 22 startup yang sudah hadir dan beroperasi di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline