Lihat ke Halaman Asli

Genta Saka Aji

Mahasiswa Teknik Sipil

Mahasiswa KKN TIM I Undip 2023/2024 Mengembangkan Potensi Wisata Embung Sekembang Pagergunung Berupa Pembuatan Desain Pengembangan Kolam Renang

Diperbarui: 13 Februari 2024   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar Embung Sekembang Pagergunung (Sumber : Dokumen Pribadi)

Pagergunung, 23 Januari 2024 - Desa Pagergunung memiliki beberapa potensi wisata, salah satunya adalah Embung Sekembang Pagergunung. Embung Sekembang Pagergunung merupakan embung yang dimanfaatkan sebagai sarana irigasi, pemenuhan kebutuhan air baku, dan juga sebagai tempat wisata yang menarik. Embung Sekembang Pagergunung memiliki pemandangan yang sangat indah, terlihat dari tiap sisinya pemandangan Gunung Telomoyo, Gunung Andong, dan Gunung Merbabu.


Dalam rangka pengembangan desa wisata, Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 membuat desain pengembangan di lokasi Embung Sekembang Pagergunung. Program kerja yang dilaksanakan yaitu berupa pembuatan gambar desain pengembangan fasilitas kolam renang pada Embung Sekembang Pagergunung. Gambar desain tersebut diharapkan bisa menjadi acuan perangkat desa dan juga investor dalam pengembangan fasilitas embung lebih lanjut.

Hal pertama yang dilakukan adalah melakukan survei terkait lokasi eksisiting yaitu dengan melakukan pengecekan dan pengukuran kolam renang Embung Sekembang Pagergunung. Hal tersebut dilakukan agar dapat memetakan lokasi dan mendapatkan data yang valid untuk proses pengembangan selanjutnya.

Gambar Pengukuran Kolam Renang (Sumber : Dokumen Pribadi)

Setelah dilakukan pengukuran, langkah selanjutnya melakukan proses desain dengan menggunakan software autocad. Pertama, dilakukan penggambaran lokasi eksisting kolam renang. Selanjutnya, dilakukan proses pengembangan desain kolam renang yang berupa penambahan fasilitas kamar bilas, tempat bermain anak (jungkat jungkit, mangkok putar, dan ayunan), perosotan air, dan patung mainan. Selain itu, juga ditambahkan fasilitas lainnya berupa tangga pengaman di sisi kolam renang, papan peringatan tanda bahaya, dan juga tempat sampah 3 jenis (organik, non-organik, dan B3) di setiap sudut kolam.

Gambar Desain Pengembangan Kolam Renang (Sumber : Dokumen Pribadi)

Setelah desain dirasa cukup oleh pihak perangkat Desa Pagergunung, maka dilakukan penyerahan gambar desain pengembangan kolam renang Embung Sekembang Pagergunung. Penyerahan dilakukan kepada perangkat desa yang diwakili oleh Bapak Kepala Desa Pagergunung yaitu Bapak Wahkrodi dan Bapak Sekretaris Desa Pagergunung yaitu Bapak Asmawi. Harapan Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 yaitu desain tersebut dapat berguna untuk pengembangan Embung Sekembang Pagergunung dan mewujudkan Desa Pagergunung menjadi desa wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan. 

Gambar Penyerahan Gambar Desain (Sumber : Dokumen Pribadi)

Penulis : Genta Saka Aji - Teknik Sipil Undip 2020




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline