Lihat ke Halaman Asli

Genbi Untidar

Mahasiswa

Bina Desa GenBI Universitas Tidar Canangkan Kegiatan Gotong Royong Desa Bebas Sampah

Diperbarui: 14 Maret 2021   22:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Salaman - Melanjutkan kegiatan Bina Desa minggu ke empat, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Tidar (UNTIDAR) menyelenggarakan acara "Bersih Indonesia" dengan tema Desa Bebas Sampah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkungan Dusun Mertan Desa Purwosari pada Minggu (14/3/2021) pagi.

"Gotong royong merupakan tradisi turun menurun yang memiliki banyak manfaat, sehingga kami berkomitmen untuk membantu masyarakat Dusun Mertan tetap memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi, rukun serta menyambung silaturahmi antara GenBI dengan masyarakat setempat." kata Ketua GenBI Komisariat UNTIDAR Yuninda Dewi saat melangsungkan kegiatan bersih-bersih bersama masyarakat Dusun Mertan.

GenBI UNTIDAR mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk ibu rumah tangga hingga anak-anak untuk selalu peduli dengan kebersihan lingkungan terutama dalam hal menangani sampah.

Bersih-bersih difokuskan ke sejumlah titik seperti, makam, masjid, dan jalan sepanjang Dusun Mertan. Selain melakukan gotong royong guna membebaskan Dusun dari sampah, GenBI melakukan kegiatan yang berkelanjutan yaitu Ubah Sampah Menjadi Berkah dengan memanfaatkan sampah bernilai ekonomi yang akan dilaksanakan pada Minggu (21/3/2021).

"Kami berharap dengan adanya kegiatan positif yang dilaksanakan oleh GenBI dapat memberikan dampak yang baik pula untuk Dusun Mertan, kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menjalankan bersama rangkaian kegiatan Bina Desa hingga minggu ke empat ini," lanjut Yuninda.

Dalam kesempatan yang sama, Penanggung Jawab Kegiatan Riza Pahlevi Audila, mengatakan masyarakat Dusun Mertan sangat bersemangat dalam melakukan kegiatan gotong royong untuk bersih-bersih. Dirinya mengucapkan terima kasih  kepada peserta gotong royong dari semua kalangan yang kompak menuju satu tujuan yaitu dusun bersih dari sampah.

"Dengan kegiatan ini, kami juga belajar dari masyarakat untuk selalu kompak dalam segala hal," ujarnya.

Senada dengan itu, Kadus Mertan Rinta mengatakan kegiatan yang dilaksanakan GenBI sangat membawa perubahan serta semangat baru untuk masyarakat. Dirinya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada GenBI dalam berdedikasi memajukan Desa.

"Kegiatannya sangat menyenangkan, apalagi kegiatan yang partisipannya ibu-ibu dan anak-anak. Tidak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan sangat menginspirasi, memberikan pengetahuan baru, kreatif, dan inovatif untuk kami," ungkap Rinta. (EW)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline