Lihat ke Halaman Asli

Apa Asiknya Nge-Blog?

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Open-mouthed smile

Mungkin itulah pertanyaan mereka yang belum terjebak dalam asiknya tulis menulis di dunia maya. Dan akan sangat banyak sekali blogger yang siap menjawab pertanyaan tersebut dengan berbagai versi jawaban pula tentunya. Baik itu mereka yang meraup keuntungan LUAR BIASA dari sekedar ngeblog, bahkan mereka yang sekedar menyalurkan hobi tulis menulis seperti saya ini  

Talking about nge-blog (bahasa pembukaan setiap ada tema pembicaraan yang menarik) maka saya juga punya pandangan sendiri tentang asik gak asiknya ngeblog.

Mengenal dunia blog sejak menemui kejenuhan dalam memanfaatkan jejaring sosial yang lagi booming saat itu friendsteryang menyediakan fitur bloging pada salah satu aplikasinya yang saat itu (2006) menggugah jiwa penasaran saya tentang apa itu blog. Awalnya bingung, blog itu apaan sih?? gimana cara makenya, gimana cara ngaksesnya dll. Tapi setelah belajar secara otodidak (cie cie) akhirnya sedikit nemu bagaimana cara make blog yang disediain sama friendster yang nasibnya saat ini sudah ketendang tendang oleh facebook dan twitter walaupun kabar terakhirnya telah dibeli oleh pengusaha malaysia dan dilengkapin aplikasi yang hampir mirip dengan facebook.

Dan saat itu, blog friendsterku ku beri tajuk “looking 4 d pose”, kekanak2an sekali bukan? ntah apa yang ada di otakku saat itu sampai-sampai memberi tajuk itu pada blogku yang terus ku utak atik sampai tahun 2008. Ya, maklumlah anak seusiaku saat itu yang baru beberapa bulan bertatap muka langsung dengan si-maya di duniannya belum tahu bagaimana menggunakan konteks bahasa yang baik dan benar dalam menulis (sampai sekarang masih mencari bentuk terbaik) sehingga isi dari blog itu pun kebanyakan membuatku senyum-senyum sendiri dan malunya bukan main kalau membacanya. tapi itulah diri kita di masa lalu bukan??

Blog di akun friendster tersebut pun akhirnya ku ubeg-ubeg sampai februari 2008 (kalau gak salah) sampai saat publik berpaling ke facebook yang segera kuikuti yang mengakibatkan akun friendsterku tak terurus dan terlupakan (kayaknya sekarang udah gak ada akunnya). Asik menjelajah facebook akhirnya kerinduan untuk menulis kembali tersibak saat salah seorang anak kos menanyakan apakah saya memiliki akun blog atau tidak. Lalu layaknya orang gaptek lainnya saya menjawa “ada sih tapi di friendster..!” dan dia pun eh namanya weldan, sedikit tersenyum dan mencibir, “udah gak jamannya kali, yang saya maksud yang di blogspot atau wordpress”, “ooh..apa tuh???” sahutku penasaran. “blogspot?wordpress??” tanya si weldan penuh semangat. Sepertinya dia memang berniat mencebloskanku ke dalam dunia blog.

“Wordpress dan blogspot itu ya penyedia jasa bloging gratisan. ya.. seperti facebook ini lah, kita harus punya akun dulu, daftar-daftar gitu, trus nanti ada bagian untuk menulisnya, mengatur tampilannya dll, ngerti gak??” papar si weldan panjang dan lebar. “GAK” jawabku singkat. “yaudah sini tak buatin dulu deh, baru pasti kamu bisa ngerti”. Dan terbuatlah akun wordpress saat itu juga yang dilakukan lewat handphone pinjaman  

Open-mouthed smile

.

Beralih ke wordpress bukan berarti teknik menulis saya membaik, tapi malah semakin memalukan (bisa di cek di postingan pertama saya di gesaf.wordpress.com). Bahkan saking “kampunganya” hampir semua isi blog di friendster saya pindahkan ke akun blog baru..hehehehhee…

Masa demi masa terlewati sampai akhirnya bisa sedikit menemukan keasikan dalan nge-blog dan menenukan cara penulisan yang lebih baik serta siasat-siasat untuk meningkatkan visitor di blog kita sampai muncullah klonengan-klonengan blog di wordpress yang khusus untuk mengulas bahan dan materi kuliah serta beberapa di blogspot yang kemudian tak terurus sampai sekarang karena lupa id dan paswordnya. Sampai saat ini setidaknya blog membantu saya dalam :

  • mereview kejadian-kejadian malang yang pernah saya alami
  • menyalurkan bakat dalam menulis beberapa puisi yang gak masuk akal
  • menyimpan artikel-artikel yang saya anggap penting yang kemudian saya tulis ulang di blog ini,
  • menemukan pelarian ketika kejenuhan melanda dalam mengakses facebook, twitter dan plurk dengan mencoba menuliskan kenangan-kenangan lucu dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi tempat curhat colongan yang kutuliskan bukan dengan bahasa curhat tapi bahasa yang cenderung untuk ditertawakan.
  • menaruh file-file kuliah yang kemudian juga bisa bermanfaat bagi orang lain yang kebetulan mengambil mata kuliah yang sama denganku

itulah setidaknya hal-hal yang menyebabkan saya masih betah berkutat dengan blog. dan semoga anda-anda yang belum mempunyai akun blog akan segera membuatnya setelah membaca tulisan tak bermakna ini.

Open-mouthed smile




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline