Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UNDIP Berikan Pendampingan Penggunaan Aplikasi BukuKas untuk Pelaporan Keuangan

Diperbarui: 13 Februari 2023   02:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri (10/2/2023). Pembukuan dalam pencatatan jurnal maupun laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam akuntansi karena dapat mengetahui seberapa besar pendapatan yang diterima untuk memutuskan dalam pengambilan keputusan kedepannya. Lalu, digitalisasi yang semakin berkembang pesat terus membantu manusia dalam pekerjaan agar efektif dan efisien terutama mengenai finansial karena sangat krusial dan sangat dibutuhkan. Namun, pada Desa Gunturharjo dalam pencatatan pembukuan masih belum dilakukan padahal hal itu sangat penting agar UMKM di desa tersebut dapat berkembang secara signifikan setiap tahunnya dalam meningkatkan pendapatan.

Untuk memaksimalkan hal itu, maka diadakan program kerja “Pendampingan Aplikasi Pembukuan BukuKas Untuk UMKM” pada hari Jumat, 10 Februari 2023. Dalam pendampingan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu PKK yang merupakan para pelaku UMKM di Desa Gunturharjo yang terdiri dari 10 dusun. Pelaksanaan program tersebut dilakukan dengan memberikan arahan serta pendampingan kepada para pelaku usaha dalam cara menggunakan Aplikasi BukuKas.

foto-bersama-63e93226166b424cd93c9c12.jpeg

Selain itu, dalam memberikan arahan dan pendampingan juga menggunakan booklet yang diberikan kepada UMKM yang berisi langkah-langkah menggunakan aplikasi untuk memudahkan dalam mengoperasikannya.

output-program-63e93247166b4234bf527a26.jpeg

Mengapa aplikasi BukuKas?

Hal ini dikarenakan di desa tersebut mengalami kesulitan untuk mendapatkan sinyal provider sehingga hanya memanfaatkan sinyal Wi-Fi yang tersedia di beberapa titik saja sehingga aplikasi BukuKas yang dapat dioperasikan secara offline  dapat memudahkan bagi para UMKM untuk menggunakannya. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore untuk pengguna Android dan/atau Appstore untuk pengguna IOS secara gratis.

Pada aplikasi ini, cukup mengisi nomor telepon sebagai langkah awal verifikasi data. Penggunaannya pun terbilang sangat mudah karena fitur-fitur dalam aplikasi tersebut yang sangat membantu seperti pencatatan penjualan, pengeluaran, hutang dan piutang, sampai laporan keuangan ada dalam fitur aplikasi tersebut.

dokpri-1-63e9329d4addee61bd12c4e3.jpeg

dokpri-2-63e932a7166b425d903ebc52.jpeg

Melalui program ini, diharapkan UMKM di Desa Gunturharjo dalam melakukan pembukuan pencatatan dapat menggunakan aplikasi BukuKas untuk efisiensi waktu karena tidak perlu menghitung besarnya angka dengan manual karena secara otomatis dapat terhitung dengan aplikasi tersebut.

Dengan adanya pendampingan digitalisasi pembukuan ini, diharapkan pelaku UMKM mendapatkan manfaat jangka panjang serta kemajuan dan peningkatan perekonomian Desa Gunturharjo setiap tahunnya.

Penulis: Onnmuntohar Gemilang/Akuntansi/Fakultas Ekonomika dan Binis

Dosen Pembimbing Lapangan:

  • Dr. Cahya Tri Pumami, S.Km.,M.Kes
  • Dr. Tuswan, S.T
  • Wildan Namora Ichsan Setiawan, S.I.Kom., M.Sc



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline