Lihat ke Halaman Asli

Gema Takbir Al Akbar

Mahasiswa Administrasi Pendidikan, Universitas Jambi

TIK dan Baik Buruknya terhadap Pendidikan

Diperbarui: 4 Juni 2022   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

TIK (Teknologi, Informasi, dan Komunikasi) saat ini tidak pernah bisa dilepaskan dari Pendidikan. Bukan hanya pendidikan, bahkan hampir semua masyarakat pada umumnya tidak bisa terlepas dari Teknologi, terutama gadget. Menurut sumber wikipedia TIK atau Teknologi, Informasi dan Konunikasi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Bisa dibilang informasi yang diperoleh setiap orang selain dengan perkataan langsung lebih banyak diperoleh melalui teknologi. Contoh besarnya, dalam setiap instansi pendidikan umunya menyampaikan informasi pembukaan pendaftaran atau lainnya melalui internet, apa tujuan utamanya? Agar informasi dapat menyebarluas tanpa membutuhkan waktu dan usaha yang besar untuk menyebarkannya. Kemudian untuk memulai pendidikan siswa maupun mahasiswa diharuskan mendaftar melalui prosedur yang berbasis online, dimulai dengan mengisi data, hingga proses belajar mengajar pun terjadi secara online. 

Berdasarkan fakta diatas, sudah jelas bukan? Bahwa TIK dan Pendidikan tidak bisa dipisahkan. Manfaat yang diperoleh pendidikan terhadap adanya TIK ini menjadi solusi dalam kegiatan belajar distance learning, web-based education, dan e-learning yang memungkinkan transfer ilmu bisa dilakukan di mana saja selama ada koneksi internet. Manfaat TIK di bidang pendidikan, membuat bidang pendidikan tidak lagi jalan di tempat. Pendidikan dapat berkembang sama pesatnya seiring dengan perkembangan teknologi.

Menurut sumber dari Dinas Komunikasi dan Informasi (DisKomInfo) Adapun peranan teknologi di dalam dunia pendidikan, yaitu :

1. Mengantikan peran manusia, yaitu dengan melakukan kegiatan otomasi suatu tugas atau proses

2. Memperkuat peran manusia yaitu menyajikan informasi, tugas, atau proses

3. Melakukan restrukturisasi atau melakukan perubahan-perubahan terhadap suatu tugas atau proses

4. TIK sebagai keterampilan (skill) dan kompetensi.

5. TIK sebagai infrastruktur pendidikan.

6. TIK sebagai sumber bahan ajar

7. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pendidikan

8. TIK sebagai pendukung manajemen pendidikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline