Lihat ke Halaman Asli

Mayat-mayat Korban Tenggelam

Diperbarui: 19 Februari 2016   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

JAKARTA-GEMPOL, Namanya juga musibah, bisa datang kapan saja dan dimana saja. Seperti kasus tenggelammnya kapal KMP Gurita di teluk Balohan Sabang pada hari Jumat malam, 19 Januari 1996, jam 20:30 WIB.

Yang namanya musibah tenggelam pasti mayatnya akan muncul lagi. Seperti yang dikatakan oleh Direktur Operasi dan latihan BASARNAS, Ivan Ahmad Riski Titus pada sesi diskusi panel Rakor BASARNAS di hotel Hermes Palace, Jumat 12 Februari 2016, bahwa:" Mayat-mayat orang yang tenggelam di lautan, setelah dicari selama 3 hari tidak ketemu nanti lewat dari 3 hari pasti akan
muncul kepermukaan laut."

Pada musibah kapal KMP Gurita tercatat 40 orang berhasil diselamatkan dan 54 orang ditemukan meninggal dunia sisanya 284 orang dinyatakan hilang tenggelam. Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa 284 orang mayat korban kapal KMP Gurita tidak muncul ke permukaan laut?

Katanya BASARNAS punya robot kamera kabel bawah air hingga 500 meter untuk mencari orang tenggelam. Sekarang ada kapal SAR KN 232 milik BASARNAS Aceh, bisa dilakukan pencarian kembali pasca 20 tahun tenggelamnya kapal KMP Gurita di Sabang, 19 Januari 1996.

Dimana posisi letak kapal KMP Gurita yang diperkirakan pada posisi kedalaman laut 384-400 meter. Di teluk Balohan palung laut terdalam sekitar 500 meter.

Setelah acara rakor SAR di hotel Hermes Palace, Direktur Operasi dan latihan BASARNAS, Ivan Ahmad Riski Titus, pasca memberi sesi diskusi panel lama sekali berbincang-bincang dengan rekan-rekan di ruangan depan, saya tunggu di depan pintu tidak keluar-keluar maka saya putuskan pulang saja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline