Lihat ke Halaman Asli

Raden Saleh sang Pelukis Ulung

Diperbarui: 25 Juni 2015   03:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

JAKARTA-GEMPOL, Masyarakat kota Jakarta sejak tanggal 3 hingga 17 Juni 2012  dapat melihat sejumlah karya Raden Saleh. Pameran ini mendapat antusias yang besar dari pencinta dan penikmat lukisan.

Sebanyak empat puluh karya Raden Saleh dipamerkan. Karya - karya yang menonjol adalah berburu singa dan penangkapan Pangeran Diponegoro. Goresan kuas Raden Saleh, bertemakan realis, naturalsi dan romantis. Maka tema yang diusung pada pameran kali ini adalah, Hormatilah Tuhan dan Cintailah Manusia.

Sejumlah karya Raden saleh dipamerkan di Galeri Nasional Jakarta. Berkat kerjasama pemerintah Jerman  kita bisa menikmati karya dari sang maestro. Pameran ini mendapat antusias yang besar dari pencinta dan penikmat lukisan.

Salah satu peran Raden Saleh yang belum banyak dibahas adalah, sumbangsihnya dalam metode pendidikan menggambar di Indonesia (d/h Hindia-Belanda). Raden Saleh telah menyiapkan sekiatar 50-an litografi untuk pelajaran menggambar siswa-siswa sekolah pada pertengahan abad 19. Sebagian litografi tersebut, turut pula dipamerkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline