Lihat ke Halaman Asli

Pendengar yang Baik Tidak Memotong Pembicaraan Orang Lain!

Diperbarui: 25 April 2021   20:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi antarpribadi atau yang kita kenal juga sebagai komunikasi interpersonal adalah awal dari komunikasi yang biasa kita lakukan di hidup kita. 

Saat awal kita dilahirkan dan kita bertumbuh di dalam keluarga, komunikasi antarpribadi atau komunikasi interpersonal itu sudah terbentuk dan akan terus berjalan selama kita hidup. Keluargalah menjadi sarana bagi kita melakukan komunikasi antarpribadi secara intens, yang kemudian kita terapkan kepada hubungan antarpribadi lainnya. 

Saat kita sedang melakukan komunikasi interpersonal dengan anggota keluarga kita, kita harus menjadi pendengar yang baik. Kita harus dapat mendengarkan, memahami, kemudian merespond agar dapat terbentuk mindful listening.

Namun, tidak jarang kita temukan, bahwa seringkali kita memotong pembicaraan orang lain. Kebiasaan yang berawal dari anggota keluarga kemudian kita bawa kepada individu-individu terdekat kita lainnya seperti saat berkomunikasi dengan sahabat kita. 

Jika hal ini menjadi sebuah habit/kebiasaan, maka kebiasaan ini akan membawa kita kepada dampak buruk, seperti kita tidak dihargai orang lain, orang lain akan melakukan hal yang sama yaitu dengan memotong pembicaraan kita, dan juga orang akan malas untuk mendengarkan ataupun merespond kita.

Tips yang bisa dilakukan bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan buruk ini adalah kita harus memiliki mindset menjadi pendengar yang baik bagi orang lain, selain itu kita juga harus membiasakan untuk menghargai pendapat orang lain agar orang lain melakukan hal yang sama kepada kita, dan tips yang terakhir adalah posisikan diri kita di posisi orang yang sedang kita dengarkan, agar kita mengetahui perasaan orang tersebut. Jika kita melakukan hal-hal ini, maka kita akan menjadi pendengar yang baik dan kita akan dihargai oleh orang lain.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline