Lihat ke Halaman Asli

Nak, Lebih Baik Berbohong daripada Menangkap Pokemon

Diperbarui: 23 Juli 2016   17:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi. Howto.com

Kepada kedua anakku,

Nak, kalian terlahir di zaman yang serba canggih. Zaman dimana dengan hape, kalian bisa bermain menangkap Pokemon. Dengan hape, kalian juga bisa bermain membangun sebuah kerajaan, membuat pertahanan, bisa berperang dengan pemain lain yang bahkan tidak pernah dikenal. 

Kami memperbolehkan kalian mencoba game-game yang ada di hape. Itu karena memang kalian harus sudah mampu menggunakan teknologi sejak dini. Inilah zaman kalian. Beda dengan zaman kami apalagi zaman kakek nenek kalian yang sempat heran mengapa hape sampai digoyang kiri-kanan saat kalian main balap mobil.

Di sisi lain, kami juga merasa perlu mengarahkan kalian untuk bermain seperti apa yang kami lakukan dulu.

[caption caption="Mengayuh sepeda. Dokpri "]

[/caption]Kayuhlah sepeda kalian, pelan boleh, ngebut juga boleh. Kami sudah pasti degdegan melihat kalian melesat cepat, namun kami percaya itu baik untuk fisik kalian. Kaki-kaki kecil itu pasti menguat. Keseimbangan kalian pun pasti membaik.

Teruslah bermain di tanah. Kami tahu kalian akan kotor. Kami rela kalian sedikit koreng. Namun ayah dan mama percaya, pertiwi sangat luar biasa. Jangankan penyakit di badan kalian, petir jutaan volt pun akan netral setelah bersentuhan dengan sang ibu.

[caption caption="Naik pohon. Dokpri "]

[/caption]Memanjat pohon juga boleh meskipun kami akan ketar ketir melihat kalian di atas sana. Jemari kalian pastilah tambah kuat karena sering mencengkeram dahan dan lalu mengangkat badan kalian agar sampai di atas pohon. Keberanian kalian pastinya juga jadi terlatih.

[caption caption="Main layang-layang. Dokpri "]

[/caption]Bermain layang-layang akan membuat kulit kalian gosong. Tapi bermain di luar bisa membuat kalian bersahabat dengan sang bayu dan kelak tidak mudah masuk angin. Lagipula, kami berharap kalian bisa bahagia menari-nari layaknya si layang layang yang ditiup oleh sahabat kalian itu.

[caption caption="Main air hujan. Dokpri "]

[/caption]Jika banyak orang bilang main air hujan bisa membuat kalian sakit, kami justru berpikir bisa juga menyehatkan. Setidaknya, keceriaan kalian saat menciprat-ciprat air sudah menyehatkan pikiran. Kami percaya rasa bahagia adalah syarat utama sebuah kesehatan. Nanti kalian boleh main lagi.

[caption caption="Dokpri "]

[/caption]Dan, kami paling senang ketika kalian "berbohong", misalnya setelah menunjuk barisan awan. Kalian berkata itu adalah kuda. Juga, saat kalian berjualan makanan bohongan, melempar kapal bohongan yang terbuat dari bunga ke dalam air, mengunakan payung bohongan dari daun talas, membuat tenda bohongan dari kain, tidur bohongan saat ayah datang dari kerja, dan lain lain, kami menyukai semua "kebohongan" ini.

[caption caption="Payung daun talas. Dokpri "]

[/caption]"Kebohongan" itu kami anggap bahwa kalian sedang bermain dengan imajinasi. Teruslah berimajinasi sayang. Kakek Einstein bilang imajinasi lebih penting dari pengetahuan. Kami percaya.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline