Lihat ke Halaman Asli

Dukung Inovasi Bisnis UMKM Melalui Pelatihan Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Penjualan

Diperbarui: 2 September 2023   07:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiatan Pelatihan Penggunaan Sistem

Dalam era digital mengharuskan pemilik usaha menerapkan penjualan secara digital, contohnya UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang secara signifikan  dapat menerapkan sistem informasi dalam mengelola stok penjualan. Penggunaan sistem informasi untuk manajemen stok penjualan menjadi kunci untuk keberhasilan dan pertumbuhan UMKM karena dapat menunjang dalam operasional usaha seperti optimalisasi persediaan barang serta prediksi permintaan konsumen.

Oka Jamur Bali merupakan UMKM  yang berlokasi di Penarungan, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Perusahaan ini memproduksi dan menjual jamur tiram. Untuk menentukan jumlah barang yang akan dipersiapkan, perusahaan ini kerap mengandalkan intuisi pribadi yang terkadang menyebabkan kelebihan atau kekurangan stok barang serta menghabiskan waktu yang cukup lama karena harus mengecek barang satu persatu. Pengumpulan data penjualan dilakukan selama lebih dari satu periode, dan kemudian dilakukan analisis menggunakan metode peramalan untuk meramalkan permintaan produk di masa mendatang.

Mengetahui permasalahan pada Mitra/perusahaaan, maka Civitas INSTIKI yang terdiri dari Ketut Jaya Atmaja,S.Kom.,M.Kom., I Made Dwi Putra Asana,S.Kom.,M.T., I Made Subrata Sandhiyasa,S.Kom.,M.Kom., Putu Gede Surya Cipta Nugraha, S.Kom., M.Kom, Putu Sugiartawan, S.Kom, M.Agb., M.Cs, dan I Gede Putu Agus Adi Mahendra melakukan inisiatif dalam mendukung penerapan teknologi informasi dalam memudahkan UMKM dalam pengelolaan usaha secara digital dengan membangun sistem informasi manajemen stok penjualan.Berkoordinasi dengan UMKM Oka Jamur Bali, maka kegiatan ini dikemas menjadi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan skema INSTIKI Community Service (ICS).

Kegiatan PKM ini ditujukan untuk mempermudah Staf untuk mementukan stok barang dalam merencanakan jumlah penjualan barang, Mempermudah Staf Pembelian Barang untuk mengelola persediaan barang di gudang sehingga tahapan kegiatan dimulai dari analisis kebutuhan mitra terkait kebutuhan sistem, pembangunan sistem informasi, evaluasi sistem informasi serta pelatihan pemanfaatan sistem informasi manajemen stok penjualan. 

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan pada unit usaha produsen jamur tiram Okam Jamur Bali. Kegiatan PKM dibagi menjadi pembuatan sistem informasi dan pelatihan penggunaan sistem informasi. Pada sistem informasi yang dibuat dapat digunakan untuk mencatat transaksi penjualan yang telah dilakukan, dan juga dapat memberikan informasi peramalan penjualan berdasarkan histori data penjualan sebelumnya. Melalui informasi peramalan penjualan tersebut, diharapkan dapat membantu mitra dalam memberikan gambaran umum tentang kebutuhan pasar pada periode selanjutnya sehingga stok yang dimiliki menjadi optimal dalam memenuhi kebutuhan akan produk yang dijual. 

Partisipasi mitra sangat baik terutama dalam kegiatan pelatihan pemanfaatan sistem informasi manajemen stok penjualan, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi kemampuan dalam mengoperasikan sistem informasi. pada kegiatan pelatihan ini dilakukan transfer knowledge dari tim PKM kepada peserta pelatihan yaitu staff  sehingga nantinya dapat menggunakan sistem informasi dalam memudahkan pengelolaan data dan menunjang operasional bisnis dari mitra PKM. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline