Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing di CV Alam Raya Bali

Diperbarui: 31 Agustus 2023   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era society 5.0 kebutuhan informasi yang cepat dan realtime sangat dibutuhkan oleh semua bidang termasuk operasional perusahaan. Akses yang cepat dan akurat saat ini, didukung dengan adanya teknologi website menuntut perusahaan untuk terkomputerisasi. Salah satu yang terbantu dengan adanya teknologi website adalah sistem monitoring marketing di perusahaan. Sistem berbasis web dapat membuat proses pemantauan menjadi efisien dan efektif  karena setiap karyawan dapat langsung menginput alur kerja yang dilakukannya ke dalam sistem dan pimpinan dapat melacak keberhasilan penyelesaian pekerjaan karyawan secara  real time.

Perkembangan teknologi informasi pada perusahaan menjadi fokus  dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Civitas INSTIKI yang terdiri dari Dosen yaitu Ni Kadek Ariasih, S.Kom., M.T. , Ketut Jaya Atmaja, S.Kom, M.Kom, I Putu Eka Giri Gunawan, S.T., M.T.,  serta mahasiswa yaitu Dewa Made Dwi Yuda Pratama, dalam mendukung penerapan teknologi digital pada perusahaan dengan membangun Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing, yang bertujuan untuk untuk mampu melakukan pengelolaan dan memantau kinerja marketing. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam memanajemen karyawan adalah dengan melakukan monitoring kerja marketing. Kegiatan ini dikemas dalam program Pengabdian INSTIKI Community Services (ICS).

Berdasarkan diskusi dengan pihak perusahaan, perusahaan memutuskan bekerja sama dengan tim untuk melakukan Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing di CV Alam Raya. Bentuk dari kegiatan PKM ini adalah melaksanakan Pelatihan pemanfaatan aplikasi monitoring kinerja marketing dilakukan oleh tim PKM dengan peserta pelatihan yaitu pimpinan dan team marketing.  

PKM ini dilakukan dengan melakukan bimbingan teknis secara langsung atau offline di kantor CV. Alam Bali Raya yang dilakukan dalam dua hari dengan target yang berbeda. Kegiatan PKM melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dari pembentukan panitia, perancangan literatur, pengajuan proposal kepada mitra, pembuatan manual book, observasi, sosialisasi kepada mitra, pelaksanaan kegiatan, dan hasil kegiatan berupa Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing telah dibuat oleh tim peneliti dosen dari INSTIKI, setelah implementasi sistem dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis secara keseluruhan mengenai tata cara penggunaan aplikasi. 

Partisipasi mitra ditunjukkan dengan adanya sambutan dan antusiasme peserta yang tinggi dari pihak mitra yaitu CV. Alam Raya Bali yang terdiri dari Pimpinan perusahaan dan karyawan khususnya tim Marketing. Peserta sangat antusias dalam melakukan pelatihan penggunaan aplikasi Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing di CV Alam Raya Berbasis Web. Antusias peserta dapat dilihat dengan hasil yang cukup memuaskan dimana 75% peserta mengatakan memahami dengan sangat mudah penggunaan aplikasi dan 75 % peserta lainnya menyatakan sudah siap menggunakan aplikasi Aplikasi Monitoring Kinerja Marketing di CV Alam Raya Berbasis Web.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline