Lihat ke Halaman Asli

Civitas INSTIKI Mendukung Tranformasi Digital pada Pendidikan Melalui Pelatihan Sistem Informasi

Diperbarui: 26 Agustus 2023   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Koordinasi dengan Mitra terkait Kebutuhan Pengguna 

Tranformasi digital menjadi langkah awal dalam implementasi teknologi pada berbagai bidang, contohnya pada pengelolaan dan pemrosesan informasi pada berbagai bidang. PAUD Sai Prema Kumara adalah sebuah lembaga pendidikan pra-sekolah yang berada di Jl. Kemuda III No. 9B, Peguyangan Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasa, Bali. Kurangnya pemanfaatan teknologi khususnya sistem informasi untuk mendukung pengelolaan data pada PUAD Sai Prema Kumara menjadi salah satu kendala dalam mewujudkan tranformasi digital. 

Langkah nyata  tim dosen INSTIKI dalam membantu implementasi transformasi digital melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) skema INSTIKI Community Service yang diprakarsai oleh I Gusti Made Ngurah Desnanjaya , Anak Agung Gede Oka Kessawa Adnyana, I Nyoman Buda Hartawan, Ayu Manik Dirgayusari,  dan mahasiswa yaitu Aditya Novandi, dengan membangun SIPAUD merupakan sistem informasi kegiatan akademik yang dibuat guna untuk mengelola kegiatan dan penilain di PAUD Sai Prema Kumara. 

(dokumentasi pribadi)

Menurut ketua PKM, Bapak I Gusti Made Ngurah Desnanjaya yang menuturkan bahwa "Kegiatan PKM Dalam rangka untuk mengatasi permasalahan kurangnya pengetahuan tentang cara menggunakan SIPAUD, dilakukan kegiatan pelatihan  secara langsung bagaimana cara menggunakan sistem informasi kegiatan akademik (SIPAUD) yang benar guna untuk mengatasi kesalahan dalam pengelolahan data kegiatan dan data penilaian yang dilakukan guru terhadap siswa. Apabila terjadi kesalahan dalam pengelolahan data kegiatan maka informasi yang didapatkan oleh orang tua siswa juga otomatis akan salah. Selain dilakukan pelatihan secara langsung, dibuatkan juga buku panduan penggunaan SIPAUD guna agar guru dapat melihat jika terjadi kesalahan dalam penggunaan SIPAUD nantinya".Pada Senin 21 Juli 2023, bertempat di sekolah PAUD Sai Prema Kumara telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang berjudul "Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Kegiatan Akademik Berbasis Web di PAUD Sai Prema Kumara". Pelatihan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia dengan sekolah PAUD Sai Prema Kumara, yang diikuti oleh 10 peserta

Gambar 2. Kegiatan Pelatihan oleh Tim PKM INSTIKI

(dokumentasi pribadi)

Gambar 3. Partisipasi Peserta Pelatihan 

(dokumentasi pribadi)

Hasil kegiatan PKM menunjukkan menunjukkan dengan diadakan pelatihan penggunaan sistem informasi yang benar guna untuk mencegah terjadi kehilangan data. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu dilakukan pelatihan secara langsung kepada mitra dan membuat manual book sebagai pembantu guru dalam menggunakan SIPAUD. Setelah dilakukan pelatihan, guru diminta untuk mengisi angket yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah adanya pelatihan ini. Peningkatan yang terjadi sesudah dilakukan pelatihan yaitu sebesar 20%.

Kegaiatan pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di PAUD Sai Prema Kumara memberikan kontribusi positif untuk dapat memberikan pengetahuan kepada guru di PAUD mengenai apa itu sistem informasi. Selain itu dengan adanya kegiatan PKM ini dapat mengatasi permasalahan yang ada di PAUD Sai Prema Kumara yaitu kesulitan dalam menyebarkan informasi kegiatan akademik kepada orang tua siswa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline