Lihat ke Halaman Asli

Karma Phala dalam Kehidupan Manusia

Diperbarui: 11 Mei 2024   17:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seluruh umat beragama  tentunya memiliki sebuah dasar keyakinan atau kepercayaan dalam menjalani hari harinya berdasarkan ajaran agama. Dalam agama Hindu, Panca Sradha menjadi salah satu ajaran atau pemahaman yang merupakan landasan kehidupan seluruh manusia.

Panca Sradha

Secara etimologinya Panca Sradha berasal dari dua kata yaitu "Panca" dan "Sradha". Kata "Panca" dalam bahasa sanskerta berarti 5 (lima), sedangkan kata  "Sradha" dalam bahasa sanskerta berarti dasar kepercayaan atau keyakinan. Jadi "Panca Sradha" memiliki arti sebagai 5 (lima) dasar kepercayaan atau keyakinan dalam Agama Hindu. Panca Sradha ini perlu di pegang teguh dalam kehidupan masyarakat dan beragama oleh seluruh umat beragama hindu demi mewujudkan dan mencapai tujuan hidupnya di dunia yaitu "moksa".

Bagian Panca Sradha

Sesuai dengan terminologinya, Panca Sradha memiliki lima bagian atau jenis yang menjadi badan keyakinan dalam Agama Hindu, seperti;

1. Widhi Sradha

Memiliki dasar kepercayaan atau keyakinan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

2. Atma Sradha

Memiliki dasar kepercayaan atau keyakinan terhadap adanya atman atau jiwa. Atman sendiri merupakan sebuah tetesan kecil dari Tuhan kepada manusia yang menjadi dasar manusia memiliki sebuah kehidupan.

3. Karma Phala Sradha

Karma Phala mengajarkan konsep yang mana kehidupan manusia satu dengan kehidupan manusia lainnya saling berhubungan erat. Kehidupan manusia erat kaitannya dengan campur tangan orang lain, hal ini di ditujukan bahwa manusia merupakan mahluk sosial. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline