Lihat ke Halaman Asli

Geary Gilang

pengguna baru

3 Kompetisi Balap paling Ekstrem yang Tak Banyak Diketahui

Diperbarui: 30 April 2021   14:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Balap. Sumber ilustrasi: PEXELS/Pedro Sandrini

Balap adalah kompetisi kecepatan, berpacu melawan kriteria obyektif, seperti jam. Berlari dalam jarak tertentu adalah bentuk balap paling umum, tetapi balap lebih sering menggunakan kendaraan seperti perahu, mobil, dan pesawat, ataupun dengan hewan seperti kuda. Namun tak banyak orang yang tahu tentang balapan paling ganas dan berbahaya di dunia.

1. Isle of Man TT.

Isle of Man TT merupakan ajang balap yang dilaksanakan di pulau bernama Isle of Man. Pulau ini letaknya di kawasan Inggris Raya. Sedangkan TT adalah kepanjangan dari Tourist Trophy. Isle of Man TT ini menjadi ajang tahunan yang biasanya berlangsung pada akhir Mei dan awal Juni.

Namun tak seperti balapan pada umumnya yaitu di sirkuit, di sini para pembalap harus memacu kuda besinya melewati jalanan kota, pedesaan, bahkan perbukitan. Hal yang membuat balapan ini makin ganas adalah pengendara harus balapan di trek yang terkadang diapit pagar, dinding batu, dan bangunan.

2. Dakar Rally (Ex Paris-Dakar Rally). 

Reli Dakar (dulu dikenal dengan nama Paris-Dakar) adalah balapan tahunan yang dilaksanakan oleh Amaury Sport Organisation. Balapan ini terbuka untuk amatiran dan profesional.

Ajang ini dinamakan Reli Dakar (Rally Dakar) karena masing-masing peserta memulai balapan dari Paris, Prancis, dan finish di Dakar, Senegal. Dari dataran Eropa nan biru kemudian berubah ketika menginjak benua Afrika yang terkesan gersang dan sebagian lokasi berupa gurun.

Dibutuhkan berbagai persiapan agar peserta bisa melalui lintasan yang sedemikian panjangnya. Meliputi keterampilan fisik, ketangguhan mesin mobil, alat navigasi canggih, setelan mesin yang pas serta kekompakan antara pebalap dan tim teknisi.

3. Rally Class B.

Grup B diperkenalkan oleh FIA pada tahun 1982 sebagai pengganti untuk mobil Grup 4 (modifikasi grand touring) dan Grup 5 (prototipe tur). 

Grup A merujuk pada kendaraan yang diturunkan produksi terbatas dalam hal daya, berat, teknologi yang diizinkan, dan biaya keseluruhan. Model dasar harus diproduksi secara massal (5000 unit per tahun) dan harus memiliki empat kursi. Grup A bertujuan untuk memastikan sejumlah besar entri milik pribadi dalam balapan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline