Lihat ke Halaman Asli

Kuis Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB_Diskursus Edwin Sutherland dan Fenomena Kejahatan Korupsi di Indonesia

Diperbarui: 15 Desember 2023   10:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

geaamanda.com

Nama : Gea Amanda Putri

NIM : 44523010052

Mata Kuliah : Pendidikan Anti Korupsi dan Etik UMB

Dosen : Prof.Dr.Apollo,AK.,M.Si.

Program Studi Digital Komunikasi

Universitas Mercu Buana Jakarta

Kejahatan korupsi telah menjadi permasalahan serius di Indonesia, dan pemahaman tentang akar permasalahan ini penting untuk mengatasi fenomena ini. Dan Edwin Sutherland adalah seorang sosiolog kriminologi yang dikenal dengan konsep "kejahatan berkerah putih" dan fokus pada perilaku kriminal yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki status sosial dan ekonomi yang tinggi. 

Edwin Sutherland sendiri merupakan pemimpin dalam bidang kriminologi yang memberikan kontribusi besar dalam pemahaman tentang kejahatan korupsi. Beliau menekankan pentingnya memperluas persepsi kita tentang kejahatan, namun tidak hanya berfokus pada kejahatan jalanan atau kekerasan, tetapi juga pada kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang dengan status dan kekuatan yang tinggi. Konsep "kejahatan berkerah putih" yang diperkenalkan oleh Sutherland ini mengacu pada kejahatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki kekuasaan, kekayaan, dan status sosial yang tinggi. 

White Collar Crime adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kejahatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang berada dalam posisi sosial dan ekonomi yang tinggi. Istilah ini mulai muncul di pertengahan abad ke-20 namun, sejarah kelahiran white collar crime ini dimulai oleh Edward. A. Ross (1806-1951) dan dipopulerkan kembali oleh Edwin Sutherland (1883-1950) pada tahun 1949 dalam pidatonya yang berjudul The American Sociological Society.

indianauniversity

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline