Lihat ke Halaman Asli

G Decky Darma Yuda

Saling berbagi dan menerima

Memulai Marketing

Diperbarui: 21 Januari 2022   13:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : https://www.forbes.com/advisor/business/what-is-swot-analysis/

Selamat pagi kawan kawan pembaca, walaupun hujan badai kita harus selalu memiliki semangat pagi. 

Oke sekian salam singkat dari saya, di sini hari ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang marketing, mengajukan berbagai produk ke perusahan, pemerintahan ataupun organisasi. 

Mungkin banyak yang sangat tidak menyukai pekerjaan menjadi sales ataupun marketing karena saya juga seperti itu sebelumnya, akan tetapi yang tidak bisa di pungkiri bagian marketing merupakan salah satu bagian paling penting di setiap perusahaan. 

Di sini saya akan memulai dengan bagaimana kita akan memulai penjualan dan apa yang harus di perhatikan dalam penjualan tersebut. 

Pertama tama seperti kata pepatah, tak kenal makanannya tak sayang, di sini yang paling penting kita harus mengenal apa yang kita jual, kita harus benar benar-benar menguasai produk yang akan kita jual untuk memasarkan nya. 

Setelah benar-benar memahami produk tersebut kita harus menganalisis yang namanya SWOT, mungkin ada yang belum pernah mendengar tentang analisa tersebut. 

Saya akan menjelaskan secara singkat, pertama Strength atau kekuatan atau kelebihan, di sini kita analisa apa sih kelebihan produk kita? 

Kedua Weakness atau kelemahan, di sin kita harus memperhatikan kekurangan produk kita dan jika bisa di perbaiki alangkah baiknya, jika tidak, cari tau bagaimana kita menutupi kekurangan dengan kelebihan produk kita? 

Ketiga opportunity atau peluang, nah di sini kita mengalisa produk yang akan kita jual kemana atau di mana prospek produk kita akan laku? 

Terakhir Treatment atau ancaman, di sini kita tidak hanya menganalisa produk kita, tetapi juga analisa produk saingan akan tetapi tidak diperbolehkan membandingkan dengan produk lain tetapi dengan data tersebut kita bisa mengetahui di mana mereka memasarkan dan apakah kita bisa bersaing dengan mereka? 

Terakhir setelah kita menganalisa, bergerak jangan hanya menganalisa saja, jangan malu dan jangan ragu ketika produk yang akan kita tawarkan bermanfaat bagi konsumen, yakinkan lah diri anda kalau anda pasti bisa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline